Realisasi Proyek DI Way Panas Desa Hanau Berak Dapat Atensi Khusus Berbagai Elmen


Mediafakta.id,Pesawaran -Realisasi Keberadaan proyek Rehabilitas Daerah Irigasi (DI) Way Panas milik Dinas PU -PR Pesawaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 dengan nilai kontrak Rp 1.899.952.00.00 yang berlokasi di Dusun Way Panas Desa Hanau Berak Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran mendapat  perhatian dari berbagai Elmen masyarakat.

Perhatian ini datang dari salah satu Lembaga Suwadaya Masyarkat Gerakan Pemuda Bangkit (LSM GEPB) Provinsi Lampung yang mengkritisi adanya realisasi proyek bersumber dari DAK tahun 2022 yang di kerjakan oleh CV.Baragalu Sentosa yang di nilai adanya duagaan telah merugikan uang negara.

"Seharusnya dari awal pekerjaan ini di awasi dari pihak terkait jangan sudah teralisasi pererjan itu baru melakukan pengawasan ini sama saja bohong ,"kata Acih Ciwanara selaku ketua LSM GEPB Provinsi Lampung  kepada wartawan Selasa ,(18/10/2022).

Menurut Acih Ciwanara dirinya memang sejak awal pelaksanan proyek tersebut sudah mengetahui permaslahan-permaslahan dilapangan seperti penggunaan matrial yang sudah tidak sesuai dan telah menyalahi aturan dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB).Namun dirinya mengaku belum menindaklanjuti maslah ini lataran masih banyak kegiatan lembaga yang dilakukan.

"Yang jelas dalam waktu dekat ini kita akan kirim surat ke Dinas PU -PRPesawaran untuk mengklarifikasi maslah ini jangan sampai program Bupati Pesawaran untuk para petani dimanfaatkan oknum -oknum yang hanya mencari keuntungan,"tegasnya.

Selain itu juga kata Asih dirinya menduga dengan adanya proyek tersebut sudah mendapat back up dari oknum Kejaksaan Negeri Pesawaran sesuai dengan papan informasi yang ada di lokasi.

“Saya minta kepada pihak Kajari pesawaran agar turun kembali supaya dapat mengusut tuntas pekerjaan proyek ini meskipun pihak kajari sudah pernah turun lapangan bersama dinas terkait,"tegasnya.

Lebih lanjut Asih menjegaskan bahwa tim dari LSM GEPB akan terus memantau perkembangan kegiatan itu dan akan terus menggiring agar pekerjaan ini dapat menjadi atensi khusus dari aparat penegak hukum yang ada di Provinsi Lampung ini Khususnya Kabupaten Pesawaran.

"Saya tegaskan kembali dari awal kerjaan itu bermaslah,lataran pihak  dinas PU-PR Pesawaran telah mengeluarkan SP 1 kepada pihak pelaksanana  dan saya khawati intruksi itu tidak di laksanakan oleh pihak kontraktor,"sesalnya.

Selain protes dari salah satu LSM asal Provinsi Lampung ini datang juga dari salah satu Anggota DPRD Pesawaran asal dapil Kecamatan Padang Cermin -Way Ratay -Teluk Pandan. Widada yang juga selaku anggota komisi III DPRD Kabupaten Pesawaran menyayangkan tidak adanya koordinasi pihak pelaksana keberadaan proyek tersebut.

"Saya malah baru mengetahui kalau ada proyek Irigasi di Desa Hanu Berak karna selama ini tidak adanya koordinasi ,"kata Widada saat di hubungi beberapa waktu lalu.

Widada juga menjelaskan bahwa keberadan proyek yang bersumber dari DAK di wilayah tersebut memang tidak pernah adanya koordinasi padahal sudah jelas apapun adanya program pembangunan itu harus dikordinasikan terdahulu.

"Kalau program bersumber dari APBD Pesawaran tentunya itu sudah ada koordinasinya karna program-prohram itu memang sudah ajuan dari dapil -masing masing tapi kalau terkait program DAK saya rasa kurang koordinasi,"sesalnya.

Diketahui sebelumnya dugan kualitas buruk dalam pembangunan proyek Rehabilitas Daerah Irigasi (DI) Way Panas dengan panjang 1.800 meter berlokasi di Dusun IV Way Panas Desa Hanau Berak,Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran disoal oleh warga setempat.

Hal ini berdasarkan informasi dari salah satu warga Desa Hanu Berak menjelaskan bahwa pada tahun 2022 di Desa ini ada salah satu proyek irigasi yang di programkan Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Perkerjaan Umum dan Tataruang  (PU PR) Pesawaran dengan nilai miliaran rupiah  bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).Namun sayangnya dalam pembangunan proyek  yang hampir 60 persen dibangun terkesan amburadul dengan kualitas buruk.

Dengan demikin pihak dinas PU PR Pesawaran melalaui Kabid Pengairan Sudiono memberikan  Surat Peringatan (SP1) Kepada pihak pelaksanan 

Lagi-lagi sampai berita ini di turunkan pihak kontraktor dari CV.Baragalu Sentosa belum bisa di konfirmasi dan terkesan acuh, (Ydn).

Posting Komentar

1 Komentar

  1. If you’d somewhat get a jump on the competition at BetOnline, use the bonus code “BOL1000” to redeem a 50% sportsbook match as 점보카지노 much as} $1,000. Please don’t try to redeem MyBookie promo codes from a couple of account. If you get caught partaking in “bonus abuse”, MyBookie will shut your account. If you’re using the promo code MYB100 to get began at MyBookie, consider our listing of tips and tricks. It’s value noting that each one|that each one} crypto transfers are fee-free, and you’ll obtain your earnings within 24 hours.

    BalasHapus