Edy Sudrajat Menghimbau Untuk Pengisian Data IDM Desa Harus Sesuai Fakta

Mediafakta.id, Pesawaran -Pemerintah saat ini sudah menyatakan komitmen dengan adanya Sustainable Development Goals (SDGs) di 2030 dan dalam rangka pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) diharapakan kepada seluruh kepala desa agar pengisian SDGs dan IDM sesuai dengankeadaan dan kebutuhan desa.

Hal ini diungkapkan oleh Edy Sudrajat selaku koordinator wilayah Lampung Tenaga Pendamping Profesional  (TPP) Desa saat melaksanakan memonitoring penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT -DD) di Desa Bayas Jaya Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawara, Senin (17 /10 2022) lalu.

Menurutnya untuk pengisian SDGs desa  dan IDM di isi harus sesuai dengan fakta dan tujuanya supaya negara bisa membaca potensi dan permasalah di desa yang ada,sehingga nantinya rekomendasi SDGs untuk pembangunan di desa sesuai dengan keadaan dan kebutuhan desa yang sebenar benarnya.

"Nah, nantinya dari laporan tersebut kemudian di jadikan dasar regulasi dengan memberikan dasar klarigikasi penilaan hasil survey terhadap data IDM terkait   status  kemajuan dan kemandirian desa itu sendiri ,"jelasnya.

Lebih lanjut dalam agenda monitoring  tersebut Edy Sudrajat  yang juga sebagai senior Alumni PMII ini menyampaikan salam dari Mentri Desa PDTT RI kepada 208 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima bantuan itu.

“Saya menyampaikan salam dari menteri Desa Gus Abdul Halim Iskandar agar para KPM  BLT- DD di Desa ini supaya bantuan yang di berikan bisa digunakan dengan sebaik baik nya sesuai dengan kebutuhan yang sifatnya mendesak”. ujar Edy.Sudrajat.

Dirinya juga menambahkan atas nama pemerintah pusat dalam hal ini kementerian desa mohon doa kepada para KPM agar pandemi covid-19 ini segera berlalu dari negara kita khususnya, supaya kepala desa dan aparat desa bisa lebih leluasa merealisasikan pembangunan.

"Ya,saya berharap bangunlah desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik pembangunan Fisik, Pemberdayaan masyarakat dan pembangunan sumber daya manusia di masyarakat desa,"tegasnya.

Semntara itu selaku kepala Desa Bayas jaya yang di wakili oleh sekertaris Desa Absoni berharap denga adanya bantuan yang di berikan agar para KPM dapat memenfaatkan bantuan itu dengan baik untuk memenuhi kebutuhan sehari -hari.

"Kami selalu mewanti wanti kepada para KPM agar memanfaatkan BLT DD ini sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kebutuhan bahan pokok masyarakat karena penerima BLT DD ini,"ucapnya.

Lebih lanjut dirinya juga mencelaskan bantuan yang di berikan kepada para KPM di Desa Bayas ini merupakan pemdataan dari hasil pendataan relawan covid-19 yang di dalamnya juga ada unsur RT dan Kadus dan di rapatkan sampai tingkat desa.

"Artinya KPM ini sesuai kriteria penerima BLT -DD khususnya bagi warga miskin yang tidak dapat bantuan baik program PKH dan program BPNT.tentunya masyarakat yang punya penyakit menahun dan kehilangan mata pencaharian dampak covid-19,"pungkasnya (*/ydn).


Posting Komentar

0 Komentar