Terjadinya Banjir Di Bandar Lampung, Ade Utami Ibnu Angkat Bicara



Mediafakta.id l Bandar Lampung- Curah Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Bandar Lampung selama dua jam sejak pukul 18.00 WIB, Jumat (15/4) malam, menyebabkan Jalan Kartini, tepatnya di depan Hotel Horison, terendam banjir.

Selain banjir, juga didapati seekor buaya yang naik ke permukaan diduga dari sungai didepan Hotel Horison.

Tidak hanya di kawasan jalan protokol, banjir juga terjadi di sekitar Pasir Gintung dan beberapa kawasan lain di Bandar Lampung.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Lampung Ade Utami Ibnu, meminta Pemerintah Kota Bandar Lampung agar segera mengambil tindakan komprehensif agar banjir tidak terjadi kembali.

“Dampak dari banjir ini bukan hanya menyebabkan kemacetan serta kerusakan infrastruktur dan kendaraan, tapi juga terganggunya aktifitas warga. Terlebih dalam jangka waktu lama sehingga berdampak pada ekosistem lingkungan di kawasan tersebut,”kata Ade Utami Ibnu.

“Beberapa kejadian banjir di Bandar Lampung, bahkan menyebabkan warga kehilangan keluarga mereka, dan kemacetan yang cukup panjang. Seperti yang terjadi di jalan Kartini. Hal ini mengharuskan kendaraan untuk putar balik,” tambahnya.

Bukan itu saja, terkait pernyataan Walikota Eva Dwiana yang mengatakan bahwa dia telah berhasil mengatasi banjir, hal ini perlu ditinjau ulang.

“Termasuk program – program penanganan banjir seperti normalisasi sungai atau grebek sungai dan pengerukan sampah serta sedimentasi, pembangunan talud dan drainase harus di kroscek kembali apakah telah berjalan dengan baik atau belum,”tegasnya.

Ade berharap jika dalam penanganan banjir, pemerintah kota perlu melihat dan menelaah dari berbagai sisi secara komprehensif.

Tidak hanya pembangunan yang bersifat fisik dalam penanganan banjir namun pembangunan dengan penuh kesadaran sangat penting untuk lingkungan yang berkelanjutan.

“Bahkan jika terdapat kebijakan yang ikut menyumbang terjadinya banjir, tak perlu ragu untuk meninjau ulang kebijakan tersebut. Hal tersebut sangat penting guna mewujudkan Bandar Lampung Sehat, Cerdas, Berbudaya, Nyaman, Unggul Berdaya Saing Berbasis Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat, ” tutupnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar