Dedy Yuginta : Masyarakat Harus Punya Pilter Untuk Menghalau Budaya Asing


Mediafakta.id,Bandar Lampung
 – Pesatnya perkembangan Era Globalisasi saat ini diharapkan masyarakat bisa mempilter budaya-budaya luar bersipat negatif yang masuk sehingga budaya lokal tidak tergerus oleh perkembangan zaman saat ini.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Kota Bandar Lampung  Dedi Yuginta saat menggelar  kegiatan sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IP-WK)  yang dilaksanakan di wilayah Jalan Pangeran Emir M. Noor, Tanjung Karang Pusat, Selasa (06/02/2024).

Menurut Dedy Yuginta keberadaan  budaya asing yang bersifat negatif tentunya bakal menjerumuskan budaya lokal yang ada di Indonesia temasuk di Lampung.

"Kita harus menyaring dengan ketat budaya asing yang masuk ke Indonesia. Buang yang negatif, terima budaya yang positif,” kata Dedi Yuginta.

Selain itu, pria yang juga menjabat ketua komisi III DPRD Bandarlampung ini menegaskan, kegiatan sosialisasi ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan tersebut merupakan kegiatan resmi dari DPRD Bandarlampung.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin anggota DPRD Bandarlampung. Salah satunya agar terus memiliki rasa persatuan dan kesatuan terhadap Bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sementara Narasumber Suhaili pada kegiatan tersebut juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap saling menghormati dan bertoleransi antar pemeluk agama.

“Berteman dengan siapapun tanpa membedakan suku, ras dan agama,”ujarnya.

Ditambahkan oleh narasumber lainnya, Ratna Wulandari memaparkan terkait pelanggaran nilai-nilai pancasila. Menurutnya, salah satu pelanggarannya yaitu sering membuang sampah sembarangan.

“Kalau di dalam satu kecamatan ada 20 orang yang buang sampah sembarangan, bagaimana kalau kecamatan se-bandarlamping, warganya buang sampah sembarangan,” tambahnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, semua warga harus bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri.

“Miris melihatnya, sanggup beli mobil mahal, tapi tidak mau beli kotak sampah kecil untuk ditempatkan di dalem mobilnya. Akibatnya, pengendara mobil buang sampah sembarangan lewat kaca pintu mobil saat berkendara,” pungkasnya (*).

Posting Komentar

0 Komentar