Lahan Kering di Cukuh Balak Desa Sukarami Ludes di Lalap Sijago Merah


Mediafakta.id,Pesawaran
-Kebakaran hutan tejadi dilahan kering tepatnya di lahan Gunung Cukuh Balak Dusun Umbul Salak Desa Sukarami, Kecamatan Punduh Pedada Kabupaten Pesawaran terjadi pada Rabu,(01/11/2023 ).


Kebakaran lahan ini terjadi kisaran pukul 06:00 Wib,dimana api menjalar keseluruh lahan Gunung kering ini.Asal api  bersumber dari arah laut lalu menjalar ke atas gunung sehingga seluruh lahan milik warga asing ini habis di lalap si jago merah.

Menurut keterangan Kades Desa Sukarami Saipudin membenarkan bahwa adanya kebakaran lahan kering ini terjadi sejak magrib.Namun kebakaran ini tidak menjalar  kepemukiman warga lataran jauh dari tempat tinggal warga.

"Lahan itu jauh dari pemukiman kita semalam bersama Babinsa bersama warga memang tidak melakukan pemadaman hanya menjaga agar api jangan merembet kelahan warga,"kata Saipudin saat di hubungi Kamis, (02/112023).

Saipundi menjelaskan bahwa kondisi lahan di pegunung itu memang sudah di landa kekeringan banyak pohon-pohon beasr yang mengalami kekeringan sehingga api cepat menjalar keseluruh lahan yang ada dilokasi teresbut.

"Kalau sumber apinya dari arah laut.Tapi sumber api itu saya tidak tau apakah sengaja di bakar oknum atau bagaimana saya kurang paham,kita hanya pokus menjaga agar kebakaran itu tidak merembet kempemukiman ,"ucapnya.

"Alhamdulillah hanya kebabakaran lahan saja tidak merembet kerumah warga karna lokasi itu jauh dari pemuliamn dan saat ini memang api sudah mulai padam,"pungkasnya (ydn).

Posting Komentar

0 Komentar