Rizaldi Adrian :Peran Orang Tua Sangat Penting Dalam Kehidupan Anak


Mediafakta.id,Bandar Lampung-Peran orang tua dalam lingkungan keluarga dalam mendidik anak dengan  memperkuat agama sangat penting di eradigitalisasi untuk meminimalisir adanya prilaku anak dalam pergaulan sehari hari.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Komisi IV DPRD Bandar Lampung, Rizaldi Adrian, seusai melakukan acara sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (PIP-WK) di Taman Wisata, Wira Garden, Sabtu (08/04/2023).

Pasalnya,kata Politisi Partai Gerindra ini bahwa kondisi moral dan mental anak-anak dan masyarakat saat ini sudah mengalami pergeseran, sehingga banyak kasus anak yang melakukan tindak kekerasan bahkan melakukan tauran.Seperti yang tersiar di media sosial.

"Peran pertama yakni orang tua sendiri dimulai dari lingkungan rumah dengan memperkuat  ilmu pengetahuan ilmu agama, aqidah dan akhlak serta ajarkan anak pola hidup sederhana,"kata Rizaldi Andrian.

Lebih lanjut Rizaldi Ardian juga menjelaskan, pembelajaran etika dan pemahaman tentang norma-norma dan moral pancasila juga bisa diberikan di rumah dengan memberikan contoh-contoh kehidupan dilingkungan.

"Contoh kecil etika dan moral itu adalah berlaku sopan terhadap orang lain, baik dengan yang lebih tua demikian juga yang muda, saling bertegur sapa dengan tetangga dan harga-menghargai antar sesama satu sama lainnya, serta saling toleransi dengan pemeluk agama lain," ungkapnya.

"Jadi dengan memberikan pembelajaran agama aqidah dan akhlak hal ini tentu akan jadi modal utama anak dalam memproteksi diri dari ancaman tindak prilaku yang tidak baik,"tambahnya.

Contoh saat ini kata Rizaldi bahwa banyak tersiar kabar di media masa (Medsos) anak pejabat yang memukuli orang lain dengan tidak berprikemanusiaan.Hal ini jelas lantaran karena tidak ada bimbingan orang tua terhadap anak, sehingga anak tidak ada akhlak dan moral yang baik.

"Senestinya pejabat itu jadi contoh suri tauladan, demikian juga anak pejabat, harus berkepribadian yang baik. Namun, yang terjadi di media sosial tersebut justru anak pejabat yang tidak bermoral dan tidak sama sekali ada etika, apalagi akhlak,"sesalnya.

"Nah mulai sekarang mari kita ajarkan Anak-anak kita dengan agama sebagai benteng aqidah dan akhlak,"pungkasnya (*/ydn).

Posting Komentar

0 Komentar