Koperindak Bersama OPD Terkait Sidak harga Sembako di Pasaran


Mediafakta.id, Pesawaran -Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran Sidak di Pasar Kedondong, Kecamatan Kedondong, Rabu (12/4/2023).

Menurut Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran, Hendra Sulistianto mengatakan,Sidak dilakukan untuk memonitoring ketersediaan, keamanan dan harga sembilan bahan pangan pokok (Sembako) di pasar rakyat.

Adapun tim Satgas Pangan yang turun mengecek ketersediaan Sembako hari ini terdiri dari Polres Pesawaran, Bappeda, Dinas Tanaman Pangan dan Horti Kultura, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Bagian Perekonomian, Setdakab Pesawaran.

Hendra yang juga menjabat sebagai Kabag Pembangunan Setdakab Pesawaran mengemukakan, berdasarkan hasil Sidak, harga beberapa komoditi pangan mengalami penurunan dan kenaikan.

“Tim menyimpulkan, dari beberapa haga bahan pokok yang mengalami penurunan antara lain cabe merah keriting dari Rp.28.000,- menjadi Rp. 25.000,-, cabe rawit sebelumnya Rp. 40.000,- menjadi Rp. 30.000”, terangnya.

Kemudian lanjut Hendra, ada juga beberapa harga komoditi pangan yang mengalami kenaikan seperti telur ayam ras yang sebelumnya Rp28.000 Kg,- menjadi Rp30.000- daging sapi yang sebelumnya Rp 120.000 sekarang Rp130.000,-.

“Untuk harga komoditi pangan yang lain masih relatif stabil. Sementara, ketersediaan bahan pangan pokok berdasarkan hasil Sidak menjelang hari raya idhul fitri 1444 H ini, relatif aman dan tersedia”, paparnya.

Hendra juga mengatakan, tim Satgas Pagan juga menemukan adanya merek beras yang beredar belum memiliki nomor regristrasi pangan segar asal tumbuhan.

“Maka dilakukan pendataan kepada penjual beras asal merek tersebut dan pemilik penggilingan sehingga dapat didaftarkan nomor registrasinya”, pungkasnya (*).

Posting Komentar

0 Komentar