RAT Tahun Buku 2022 LPJ Pengurus Koperasi TKBM diterima


Mediafakta.id,Bandar Lampung-Dibawah kepemimpinan Agus Sujatma Surnada selaku Ketua  Koperasi Tenaga Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Panjang akan Ada Program Yayasan Pendidikan kepada Anak Buruh.

Hal ini di tegaskan oleh Agus Sujatma Surnada saat mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, tahun buku 2022 yang dilaksanakan di  Swiss-belhotel Lampung, Kamis (09/03/2023).

Dalam kesempatan itu,Agus Sujatma Surnada mengatakan bahwa RAT sangat penting, wajib dan harus dijalankan.

"Syukur Alhamdulillah,di era kepemimpinan saya dan pak Eriza untuk program perumahan bekerjasama dengan PT DHL sampai 2023 ini sudah terbangun 495 unit dan dengan perjalanan waktu kepemimpinan saya selama 3 tahun ini sudah diangka 360 unit lebih perumahan untuk buruh yang sudah terbangun," ujar Agus Sujatma Surnada.

Kemudian,sambung dia, permasalahan tunggakan BPJS ketenagakerjaan bisa terselesaikan dan hasil koordinasi dengan pihak BPJS dapat diterima dengan hasil kesepakatan/MoU. Bersukurnya dari nilai Rp 8 miliar tunggakan  oleh oknum pengurus yang lama sejak 2017 ada pengurangan dan denda dihapuskan. Akan tetapi, meski tunggakan itu bukan 'getah' ulah pengurus saat ini, namun pengurus bertekad dan berjuang penuh untuk kepentingan buruh, sehingga masalah BPJS bisa  teratasi.

"Walau tertatih-tatih pengurus berkomitmen untuk menyelesaikan masalah BPJS. Makanya kami bertekad untuk program ke depan dapat mewujudkan sejarah 1000 unit perumahan untuk buruh dan untuk buruh yang pensiun 170 orang  kami bertekad akan kami berikan perumahan," kata dia. 

Selain itu, program ke depan juga pengurus koperasi TKBM akan ada rencana membuat yayasan pendidikan, agar ke depan anak-anak buruh bisa mengenyam pendidikan tinggi. Anak anak harus ada pendidikan. 

"Saya akan berkoordinasi dengan pengembangan perumahan agar nanti ada tanah untuk membuat yayasan pendidikan,dan akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan supaya yayasan untuk pendidikan anak buruh bisa terwujud dan anak buruh mengenyam pendidikan ,"jelasnya.

Sementara itu selaku Ketua Badan Pengaws (BP) Koperasi TKBM Panjang,Eriza menjelaskan, jika pihaknya mendukung penuh program yang dibuat pengurus, karena bersentuhan langsung dengan anggota koperasi.

"RAT tahun ini dilaksanakan tepat waktu sesuai ketentuan, dengan sistem perwakilan yang terdiri dari KRK dan PUK. Sebelum masa jabatan habis saya harap perumahan selesai. Karenanya, jaga kekompakan pengurus dan anggota, jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang mengarah untuk kepentingan pribadi," ucap Eriza. 

Ditempat yang sama selaku Direktur PT. Duta Hidup Lestari (DHL) Tamsil mengatakan, selama kepemimpinan Agus Sujatma Surnada program kerjasama perumahan berjalan lancar dan semua berkat dukungan semua pihak baik dinas dan instansi.

"Sebanyak 414 unit perumahan sudah diserahkan, dan di Januari 2023 sudah ada dan terbangun 48 unit di Maret akan diserahkan ke koperasi TKBM," ungkapnya.

Ditambahkan oleh Kabid Kelembagaan dan Pengawasan, Dinas Koperasi UMKM Kota Bandar Lampung, Elvi Dewi sekali gus membuka musyawarah RAT Koperasi TKBM mengatakan, jika koperasi berazaskan musyawarah mufakat dengan tujuan untuk kesejahteraan anggota.

"Saya apresiasi terhadap kepemimpinan Ketua TKBM Agus Sujatma Surnada, karena telah menyelesaikan banyak masalah, tunggakan BPJS ketenagakerjaan dan juga program Perumahan buruh yang sangat cepat. Harapan kami Dinas Koperasi, TKBM  lebih dapat menciptakan iklim yang kondusif di pelabuhan Panjang, sehingga tercipta suasana aman dan damai,"tegasnya.

Diketahui,agenda RAT tahun buku 2022 Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang dengan tema "Mempertahankan eksitensi Koprasi TKBM sebagai wadah untuk mensejatrakan anggota," dihadiri oleh Ketua Koprasi TKBM Pelabuhan Panjang Agus Sujatma Surnada dan Ketua Badan Pengawas (BP) Eriza, Direktur PT. DHL, H.Tamzil ,DPC Khusus SPTI Pelabuhan Panjang Mumuh, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan,Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandarlampung, Kepala KSOP Kelas I Pelabuhan Panjang, Dinas Koprasi UMKM Kota Bandarlampung dan seluruh peserta rapat perwakilan Ketua Koordinator Regu Kerja (KRK) dan pimpinan unit kerja (PUK).

Dan dalam Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus dan Badan Pengawas diterima dan disetujui oleh seluruh Peserta Rapat dan dinyatakan sah dihadiri oleh 103 peserta Rapat dari total 117 peserta yg telah menerima Mandat dari anggota TKBM sebanyak 1200 orang lebih.(*/ydn).

Posting Komentar

0 Komentar