Sebanyak 1299 Peserta PPS Ikuti Tes Tertulis Yang di Gelar KPUD Pesawaran

Mediafakta.id,Pesawaran -Berdasarkan Berita Acara Rapat Pleno KomisiPemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesawaran Nomor 10/PP.04.1-BA/1809/2023 Tanggal 7 Januari 2023, telah ditetapkan nama-nama peserta Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 yang lulus administrasi.

Dengan demikian pihak KPUD) Kabupaten Pesawaran menggelar tes tertulis untuk calon PPS) Pemilu 2024, yang di Laksanakan  di Gedung Adora, Kecamatan Gedong Tataan, kabupaten Pesawaran pada ,Senin (7/1/2023).

Para peseta PPS yang mengikuti tes tertulis sebanyak 1299 peserta yang berasal dari 148 Desa di 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pesawaran, dengan dilakukan tes secara manual/konvensional yang dilaksanakan sebanyak dua sesi.

Menurut Ketua KPUD Pesawaran Yatin Putro Sugiono yang di wakili oleh ketua Divisi Sosialisasi, Partisipasi masyarakat dan SDM KPU Pesawaran Murniati Indah Permatasari menjelaskan, bahwa peserta tes ini mengerjakan sebanyak 75 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit.

"Nah, soal yang diujikan dalam tes tertulis ini terdiri dari pengetahuan kepemiluan, kompetensi dasar, serta wawasan kebangsaan. Dan semua soal dibuat secara langsung oleh KPU.RI satu hari sebelum pelaksanaan tes tertulis,”kata Indah.

Kemudian, lanjut Indah, calon PPS yang dinyatakan lulus selanjutnya akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya, yaitu tes wawancara. Sehingga terpilih beberapa PPS yang dibutuhkan, sebanyak tiga orang dimasing-masing desa. Sehingga total kebutuhan PPS se- Kabupaten Pesawaran sebanyak 444 orang.

“Masing-masing desa hanya tiga oramg panitia PPS saja. Dan dari jumlah 148 desa, total keseluruhan PPS nantinya yang terpilih sebanyak 444 orang,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, nantinya PPS yang terbentuk akan dibantu dalam menjalankan tugas oleh sekretariat PPS yang berasal dari unsur perangkat desa. Dan KPU Pesawaran dalam pembentukan sekretariat PPS akan melakukan koordinasi dengan Kepala Desa di masing-masing wilayah.

"Sekretariat PPS ini nanti juga terdiri dari satu sekretaris dan dua staf sekretariat. Setelah semua PPS yang terpilih, dilantik secara serentak pada tanggal 24 Januari 2023,”tegasnya.

Sementara itu Handiyan Helmi salah satu peserta tes tertulis  asal Desa Kota Jawa Kecamatan Punduh Pedada Kabupaten Pesawaran bersa peserta asal desanya mengatakan sangat atusias mengikuti tes tulis ini dan berharap hasilnya sesuai yang di harapakan.

Dan Handiyan Helmi  juga mengatakan dengan ikut sertanya dalam tes tertulis  sebagai calon PPS ia berkeingaian untuk memberikan kontribusi membantu kepanitian pemilu 2024 mendatang agar bisa berjalan lancar.

"Dari jauh-jauh di ujung Kecamatan saya berjuang mengikuti proses pencalonan ini,mudah -mudahan apa yang saya harapakan bisa tercapai ,"ucapnya.

"Jujur Saya pribadi merasa dek dekan karna bayak saingan juga tapi alhamdulillah dalam mengerjakan soal-soal yang ada  bisa saya jawab dengan tepat waktu ,"pungkasnya,(ydn).

Posting Komentar

0 Komentar