Ini Salah Satu Upaya Bupati Dendi Untuk Peningkatan Kesejatraan Masyarakat di Bumi Andan Jejama

Mediafakta.id, Pesawaran - Upaya pihak  Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk  menciptakan pemerintahan yang lebih efektif dan efisien serta berdaya guna demi mewujudkan percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat ,selaku Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona resmikan 4 desa pemekaran.


Hal ini di tegaskan Bupati Pesawaran  Dendi Ramadhona dalam acara peresmian 4 desa pemekaran, sekaligus melantik 4 pejabat desa yang dilaksanakan di Desa Dantar Kecamata Padang Cermin Kabupaten setempat (Rabu, (19/10/2022).

Menurut orang nomor satu di kabupaten Pesawaran ini menjelskan adapun  4 Desa persiapan menjadi desa Defenitif  adalah Desa Pujodadi Kecamatan Negeri Katon, Desa Grujugan Baru Kecamatan Negeri Katon, Desa Dantar Kecamatan Padang Cermin dan Desa Kalirejo Kecamatan Way Ratai.

"Ya,dengan telah diresmikannya 4 desa persiapan menjadi desa definitif saya berharap dapat mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, mempercepat pelayanan publik, meningkatkan tata Kelola pemerintahan desa dan meningkatkan daya saing dalam kondisi global"ucapnya.

Lebih lanjut Dendi Ramadhona juga mengucapkan terima kasih kepada segenap Kepala Desa, BPD dan seluruh elemen masyarakat baik tokoh adat, tokoh agama, pemuda yang telah bekerja keras demi terbentuk sampaidiresmikannya 4 desa pemekaran ini.

"Dalam prosesnya tentunya banyak rintangan dan hambatan yang harus dihadapi, namun dengan semangat dan kebersamaan hal tersebut dapat dilewati,"ucapnya.

Dirinya juga mejelaskan bahwa proses terbentuknya 4 Desa ini adalah dari keinginan para tokoh masyarakat dan tentunya dilaksanakan dengan mempertimbangkan jumlahpenduduk, rentang kendali pelayanan agar lebih efektif dalam menjalankan roda pemerintahan, baik ditingkat kecamatan maupun desa.Jumlah penduduk yang banyak dan rentang kendali yang luas dinilai kurang mendukung dalam penyerapan aspirasi masyarakat guna peningkatan potensipotensi, percepatan/ pemerataan pembangunan serta penanganan permasalahan yang ada. 

"Nah, pada tanggal 18 Agustus 2022 Pemerintah Kabupaten Pesawaran dan Provinsi Lampung melakukan verifikasi berkas di Kementerian Dalam Negeri,dan pada tanggal 26 September 2022 Kode Desa diserahkan secara resmi,"jelasnya.

Dendi Ramadhona juga menambahakan bahwa tolak ukur keberhasilan pembangunan menekankan pada perkuatan desa disegala sektor.Rangkaian lokomotif pembangunan suatu negara, meletakkan desa sebagai mesin lokomotif yang menjadi ukuran kecepatan kemajuan suatu bangsa (desa kuat maka Kecamatan kuat/ Kecamatan kuat Kabupaten kuat/ Kabupaten kuat Provinsi kuat/ dan Provinsi kuat Negara Kuat).

"Jadi dengan semangat ini saya juga menghimbau kepada para Camat beserta jajarannya untuk dapat bekerja dengan baik, bekerjasama dengan para kepala desa dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat" kata Dendi Ramadhona.

"Selanjutnya,saya mengucapkan selamat kepada para penjabat kepala desa yang telah dilantik pada hari ini. Saya menghimbau para Penjabat Kepala Desa untuk segera melaksanakan tugas dengan berpedoman pada Peraturan perundang-undangan tentang Desa.Saudara-saudara juga saya harapkan untuk segera melakukan konsolidasi dan penataan aparatur desa, membentuk kelembagaan yang ada di desa serta meningkatkan koordinasi dengan camat dan dinas terkait untuk percepatan pembangunan",tegasnya.

Diketahui dalam pelaksanan peremian 4 Desa persiapanmenjadi desa Defenitif  tersebut bupati Dendi juga melantik 4 PJ desa yang nantinya akan menjalankan pemerintahan desa definitif, berdasarkan SK Bupati Pesawaran Nomor: 439/IV.11/HK/ 2022 yakin Tri Suwanto (Desa Pujodadi), Ehwan (Desa Grujugan Baru),Nasrudin (Desa Dantar) dan Agus Susanto (Desa Kalirejo),(*/ydn).

Posting Komentar

0 Komentar