Adanya Beberapa Proyek Diduga Bermasalah,Pihak Dinas PU Kota Bandar Lampung Terkesan Tutup Mata


Mediafakta.id,Bandar Lampung-Keberadaan beberapa proyek konstruksi jalan milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota  Bandar Lampung banyak menuai masalah,lataran dalam pekerjaan yang di laksanakan oleh para kontraktor ada dugaan tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang telah di tentukan.

Hal ini terjadi lataran  lemahnya pengawasan  yang di lakukan oleh pihak Dinas PU  terkait adanya beberapa proyek konstruksi yang ada di wilyah kota Bandar Lampung  yang terkesan tutup mata adanya masalah terjadi.

Seperti kederadaan proyek Peningkatan jalan yang berada diJalan Raden Imba Kesuma Gg Karya Muda Kelurahan Sumur Putri Kecamatan Teluk Betung Selatan (TBS ) Kota Bandar Lampung diduga dalam realisasinya terkesan Asal jadi lataran kualitas jalan buruk sehingga memdapat keluham dari warga setempat.

           Gg Karya Muda Kelurahan Sumur Putri TBS 

Belum lagi adanya Proyek pelebaran jalan kesehatan Kelurahan Pahoman Kecamatan Teluk Betung Utara yang  bersumber dari APBD tahun 2022 dengan nilai Rp 2 Milar lebih di duga dalam pelaksananya tidak sesuai dengan RAB yang sudah di tentukan.

           Proyek pelebaran  jalan Kesehatan 

Hal ini juga berdasarkan keterangan dari narasuber kepada wartawan bahwa keberadan proyek Pelebaran jalan tersebut pihak kontraktor menggunakan campuran batu sacpuran ukuran 5,7 dan10,15 untuk bahan anderlah,padahal sudah jelas dalam aturanya harus menggunakan bantu10,15.

"Jelas kok aturanya dalam pelaksana anderlah itu batu yang di pakai harus ukuran 10,15 cobak cek lokasi ,"tegas Suber yang enggan namanya di sebut kepada wartawawan beberapa waktu lalau.

Dirinya juga menambahkan selain itu juga juga pelebaran jalan tersebut tidak menggunakan alat berat mini untuk melakukan penggalian hanya mengunakan galian manual yang di lakukan oleh para pekerja.Dan plang proyek juga tidak terpasang di lokasi adanya proyek tersebut.

"Itukan pelebaran menggunakan manula mana bisa begeitu proyek ini tender lo nilanya milyaran masak tidak mengunakan alat berat mini harusnya ada,"terangnya.

Berdasarkan hasil investigasi lapanga pada Kamis 20/10/2022 keberadaan proyek tersebut saat ini sedang melakukan pelebaran sisijalan serta pemasangan batu untuk anderlah.

"Kalau pelebaran ini kita lakukan secara manual ,dan untuk ukuran batu memang mengunakan batu campuran 5,7 dan 10,15 tergantung dalam galian yang kita buat ,"kata salah satu pekerja saat diwancarai di lokasi, Kamis (20 /10/2022).

Dirinya juga menjelaskan untuk pengunaan alat berat mini mamamg saat ini belum ada tapi rencana untuk pengerukan pinggir jalan nanti akan mengunakan alat tersebut.

"Saat ini masih manual tapi kalau yang sipatnya dalam galianya 'maka nanti akan menggunakan alat berat mini lebih jelasnya tanya langsung kepada pengawas pekerjaan ini,"jelasnya.

Namun sayangnya lagi-lagi saat  konfirmasi Kepala Dinas PU Iwan Gunawan melalui Kabid Cita Karya PU PR Kota Bandar Lampung Baheram enggan memberikan komentar meskipun sudah beberapa kali wartawan mengkonfirmasi melalui sambungan Whastaap nya di nomor  0811723XXX namun tidak ada jawaban sehingga terkesan  pembiaran adanya masalah ini.

Diketahui berdasarkan Data LPSE kota Bandar Lampung keberadaan proyek Pelebaran jalan Kesehatan Kelurarahan Pahoman Kecamatan TBU bersumber dari APBD  kota Bandarlampung tahun 2022 dengan Nilai Pagu Rp 2.312.562.777.00 dan sebagai pemenang lelang CV.Mandala Ganesia Karim (ydn).

Posting Komentar

0 Komentar