Sebanyak 12 Desa Didaptarkan Dalam Perhelatan ADWI Kemenparekraf



Mediafakta.id, Pesawaran -A
jang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) diikuti 12 Desa yang di dapatakan oleh pemerintah kabupaten Pesawaran dalam ajak Kemenparekraf ini.

Hal ter sebut di ungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran, Ketut Partayasa kepada wartawan Rabu (13/04/2022).

Menurut Ketut Partayasa bahwa gelaran ADWI 2022 dapat menjadi media promosi pariwisata berbasis pedesaaan yang ada di Bumi Andan Jejama.

"Ya,Pesawaran resmi mendaftarkan sebanyak dua belas desa wisata untuk mengikuti ajang ADWI 2022 Kemenparekraf, tergetnya minimal masuk dalam nominasi lima puluh besar," katanya.

Menurut mantan kadisdukcapil ini mejelaskan bahwa , dari belasan desa yang mewakili Pesawaran, empat diantaranya memiliki peluang besar untuk masuk dalam nominasi lima puluh besar nasional. Empat desa itu terdiri dari: Desa Pulau Pahawang, Talangmulya, Harapanjaya, serta Desa Purworejo.

"Keempatnya memiliki peluang untuk masuk lima puluh besar. Mulai dari wisata pantai, wahana kemah keluarga, air terjun hingga wisata embung. Semua itu dikelola oleh desa melalui skema pariwisata berbasis komunitas," jelas Ketut

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pariwisata berbasis komunitas atau comunity based tourism menjadi salah satu syarat suksesnya pengelolaan pariwisata di desa. Dengan demikian, aparat desa dan masyarakat harus proaktif dalam pengelolaan pariwisata yang ada di desa.

Diketahui, sebanyak 66 desa wisata mewakili Provinsi Lampung dalam ajang ADWI 2022, berasal dari tiga kabupaten. Kabupaten Pesawaran sebanyak 12 desa, Lampung Utara, Lampung Barat delapan desa.

"Saat ini masih dilakukan penilaian untuk 3000an desa yang menjadi peserta ADWI. Jika prosesnya lancar nanti sekitar bulan Juli sudah masuk penilaian nominasi seratus besar, dan di bulan Nopember sudah masuk dalam lima puluh besar nominasi desa wisata terbaik," tuturnya. (*).


Posting Komentar

0 Komentar