BAZNAS Pesawaran di Audit KAP



Mediafakta.id l Lampung l Pesawaran--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di audit oleh auditor independen dari kantor akuntan publik (KAP) dengan memeriksa keuangan akhir tahun 2019 dan 2020.


"BAZNAS Kabupaten Pesawaran di audit secara menyeluruh pada setiap penggunaan dana yang diterima dan dikelola, mereka sangat jeli dan detail memeriksa satu persatu kegiatan yang kami lakukan. Kalau di tahun 2019, kami masih di audit secara manual, Alhamdulillah saat ini kami telah mampu diaudit melalui aplikasi SIMBA (Sistem Informasi Menejemen Baznas) yang tersentralisasi secara nasional," kata Ketua Baznas Pesawaran Abdul Hamid, Rabu (03/03/2021).

Abdul Hamid menjelaskan, proses audit dilaksanakan setelah sebelumnya dilakukan penandatanganan Memory of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Kantor Akuntan Publik Weddy Andriyanto dan Muhaemin dengan BAZNAS.


"Kemudian,setelah MoU mereka langsung melakukan pemeriksaan cash opname atau penghitungan fisik kas uang yang dimiliki BAZNAS, Lalu mereka juga mengaudit fisik bangunan serta santunan lainnya yang diterima dilapangan. Semua aktifitas menejemen BAZNAS diperiksa secara detail,"ujarnya

Menurut Hamid, selaku pengurus pihaknya selalu meminta arahan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, agar dalam pengumpulan dana serta pemberian santunan bisa kena dan tepat sasaran.

"Karena beliau sebagai kepala daerah, nah BAZNAS harus dapat bersinergi guna membantu membangun dan mensejahterakan masyarakat,"Tutupnya (Desmi) 

Posting Komentar

0 Komentar