Edison Hadjar Ajak Warga Salurkan Hak Pilih Pada Pemilu 14 Februari 2024

Mediafakta.id,Bandar Lampung-Perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) baik pemilihan calon legislatif dan pemilihan Presiden di harapkan masyarakat agar bisa menyalurkan hak pilihnya dalam pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Hal ini dikatkan oleh wakil ketua DPRD kota Bandar Lampung H.Edison Hadjar saat melaksanakan sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (PIP-WK) di kediamanya,Minggu (21/01/2024).

“Saya sebagai anggota DPRD sudah sepatutnya saya mengingatkan kembali kepada masyarakat yang namanya sudah masuk dalam DPT, untuk datang ke TPS pada 14 Februari nanti ,"ucapnya.

Lebih lanjut Ediso Hadjar menjelaskan bahwa tahun 2024 masuk masa kampanye partai politik dan calon presiden,dengan adanya pesta demokrasi di Indonesia dia berharap Jangan sampai terjadi perpecahan hanya karena perbedaan pilihan.

"Beda pilihan sudah biasa jangan sampai dengan adanya beda pilihan bisa meperpecah persatuan dan kesatuan indonesia ini,"kata Edison.

Sementara itu Narasumber pertama Nurbaiti Syarif salah satu dosen Universitas Tulang Bawang (UTB) ini memaparkan bahawa dalam dalam mengimpementasiaan lima sila pancasila harus bener-benar memahami apa makna dari pancasila.

Ada sila pertama yakni Ketuhanan yang maha Esa bisa di implentasilan dalam kehidupan sehari -hari yakni menghormati perbedaan keyakinan, dapat hidup berdampingan dengan damai.

"Dalam kehidupan sehari -hari tentunya kita harus menunjukkan komitmen untuk menjalankan ajaran agama atau kepercayaan dengan tulus,"jelasnya.

Sila kedua pancasila Kemanusin yang adil dan beradapmengandung nilai kesamaan derajat maupun kewajiban dan hak, cinta mencintai, hormat menghormati, keberanian membela kebenaran dan keadilan, toleransi, dan gotong royong.

Sedangkan sila yang ketiga Persatuan Indonesia dalam penerapan sehari -hari seperti adanya  gotongroyong.

Sila keempat yakni Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmah kebijasaana dalam permusawaratan dan  perwakilan.

Kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia dalam pengimplementasikan sila kelima besinggungan dengan sila kedua pancasila.

"Kalau lima sila sudah bisa kita terapkan insallah kita akan aman dan sentosa,"ucapnya.

Ditambahkan oleh Narasumber lainya yakni Gustian Aziz memaparkan tentang wawasan kebangsaan dimana wawasan adalah cara pandang seseorang terhadap tatanan kenegaraan.(ydn).

Posting Komentar

0 Komentar