Kecamatan Gedong Tataan Gelar Festival Adat Dan Budaya



Mediafakta.id l Pesawaran l Lampung -  Sebanyak 19 Aparatur Desa Sekecamatan Gedong Tataan,Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung mengikuti Festival Adat dan Budaya dengan berpakaian khas Suku Budaya masing masing, namun  untuk Kepala Desa berbeda karena menggunakan pakaian khas Lampung.

Dalam kegiatan tersebut Peserta berjalan kaki  melalui jalan Ahmad Yani dengan jarak bekisar satu kilo meter dari tugu pengantin Desa Gedong Tataan hingga musium Transmigrasi Lampung.

Laporan Ketua Pelaksana Lesmono mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung ini baru pertama kali di selegarakan di kecamatan Gedong Tataan.

"Kegiatan ini baru pertama kalinya kita laksanakan di kecamatan Gedong Tataan dengan tujuan melestarikan adat dan budaya,"katanya. Rabu (27/12/2023)

Lesmono menjelaskan kegiatan ini di ikuti dari masing masing desa.

"Sebanyak 1000 peserta dari Sekecamatan Gedog Tataan  yang mengikuti festival adat dan budaya. Dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi sarana kreatifas,"ucapnya

Sementara itu Ketua Apdesi Deswan menyampaikan kegiatan ini di ikuti dari perwakilan masing masing desa sebanyak 19 desa.

"Kegiatan ini di ikuti dari perwakilam desa sebanyak 19 desa. Festival Adat dan Budaya kedepannya agar  menjadi tolak ukur kita dan bisa menjadi lebih semangat lagi,"tegasnya


Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dalam sambutannya menyampaikan bahwa Festival Budaya Gedong Tataan ini tidak saja meriah, namun juga khas dan menarik, yang menampilkan kreativitas masyarakat dan inovasi para pencinta seni dan budaya. 

"Seperti halnya Semarak Karnaval, pagelaran berbagai macam tari, hingga Doa bersama pada malam nanti yang menampilkan banyak peserta ini tentunya akan menjadi salah satu magnet bagi masyarakat dan wisatawan untuk berkunjung ke sini," terangnya


Untuk itu, Lanjut Bupati melalui kesempatan  berbahagia ini, dirinya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Gedong Tataan, panitia penyelenggara, para seniman dan budayawan, serta kepada segenap masyarakat Gedong Tataan
atas terselenggaranya Festival Budaya G yang meriah dan penuh makna ini.

" Semoga ikhtiar dalam melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya ini menjadi wujud partisipasi dan wujud kebersamaan guna membangun masyarakat Pesawaran yang hebat dan bermartabat melalui bidang seni, budaya dan pariwisata," Lanjut Dendi

Demikian pula kepada para pemenang berbagai event baik yang sudah maupun yang belum dilakukan penilaian, saya ucapkan selamat sekaligus berpesan agar tidak berpuas diri dan tidak berhenti sampai disini. 

"Teruslah berkreasi dan terus berupaya menggapai prestasi puncak untuk kemajuan seni, budaya dan pariwisata di Kabupaten Pesawaran,"terang Dendi

Dendi  berharap agar Festival Budaya dan adat ini dapat memotivasi segenap masyarakat khususnya para seniman, budayawan, pemerhati, dan organisasi-organisasi kesenian untuk terus dan terus mengembangkan kreasi dan inovasi sekaligus mengaktualisasikan diri melalui aktivitas dan prestasi seni.

" Selain itu, Festival ini juga merupakan bagian dari upaya pembinaan dan pelestarian budaya daerah yang berperan penting dalam memperkokoh jati diri bangsa, khususnya jati diri masyarakat Pesawaran agar tidak tergerus oleh derasnya arus globalisasi dan modernisasi,"harapnya


Melalui kesempatan ini orang nomor satu di kabupaten sebutan Bumi Andan Jejama mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan budaya sebagai marwah dari setiap perilaku kehidupan, khususnya bagi diri masyarakat Kecamatan Gedong Tataan, kapan dan dimanapun berada. 

"Dengan demikian, kegiatan ini bukan hanya menjadi sebuah kebanggaan bagi kita semua maupun sebagai aktualisasi adat budaya dalam sebuah pertunjukan, namun juga melambangkan bahwa Pesawaran adalah tempat yang nyaman, indah, bersahabat bagi semua orang.
Oleh karena itu  tujuan dari penyelenggaraan Festival ini dapat menjadi perhatian dan tanggung jawab kita semua,"tutupnya (Ydn/Ali)



Posting Komentar

0 Komentar