Peran Penting Orang Tua Dalam Memberi Pemahaman Ideologi Pancasila Kepada Anak


Mediafakta.id,Bandar Lampung-
Peran orang tua dalam keluarga sangat penting untuk memberi pemahaman kepada anak terutama peran seorang ibu sangat berpengaruh untuk meminimlisir prilaku kriminalitas yang di lakukan anak.

Penegasan ini di ungkapkan oleh Anggota DPRD Kota Bandarlampung, Agus Djumadi saat menggelar sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IP-WK) di Kelurahan Gunung Agung Kecamatan Langkapura,Rabu (02/08/2023).

Menurut anggota Komisi III DPRD Kota Bandar Lampung ini menjelaskan, jika sosialisasi IP-WK ini sangat berbeda dengan reses dan ini merupakan mandat melekat Anggota dewan untuk mensosialisasikan pemahaman ideologi pancasila,kita belajar tentang nilai-nilai pancasila yang tidak pernah luntur sejak jaman nenek moyang bangsa Indonesia.

"Kita lakukan ini agar nilai-nilai pancasila tidak luntur terutama nilai ketuhanan,lataran saat ini  kriminalitas yang di lakukam anak-anak yang sangat luar bias terjadi, kalau tidak ada nilai ketuhanan dikhawatrikan sikap anak akan berbuat anarkis,"jelasnya.

Dirinya menyatakan bahwa untuk menyikapi prilaku kriminalitas yang dilakukan oleh remaja saat ini tentunya peran penting untuk memberi pamahaman kepada anak dalam keluarga dan yang paling bertanggung jawab adalah orang tua sendiri terutama orang tua perempuan dalam kelurga.

"Saya berharap untuk lebih mendalami bahwa sanya nilai-nilai pancasila di mulai dari orang tua terutama orang tua perempuan yang sangat berperan dalam penerapan sila pertama Pancasila yakni  Ketuhanan yang maha Esa,"tegasnya.

Diketahui dalam kegiatan sosialaisasi IP-WK ini di hadiri oleh narasumber Agus Widodo selaku ketua Yayasan Semangat Cinta Indonesia (HSCI) juga selaku  Bendahara DPD PKS Kota Bandarlampung.

Dalam paparanya menyatakan bahwa selama ini tantangan prekonomian masyarakat sangat memprihatinkan khusunya di Bandar lampung sehingga muncul banyak sekali koprasi -koprasi yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang besar sehingga banyak masyarakat yang menggadaikan agamanya.

"Nah,untuk menyikapi masalah perkonomian masyarakat ini tentunya dalam nilai -nilai pancasila harus di pahami karna dalam nilai-nilai prekonomin telah tertuang dalam sila-sila Pancasila,"pungkasnya,(ydn).

Posting Komentar

0 Komentar