Lampung Timur Memperingati Harganas

 


Lampung Timur--Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur Yus Bariah Dawam Rahardjo membuka kegiatan  Pelayanan KB Serentak Sejuta Aseptor dalam rangka Harganas Tahun 2023 dan Pembinaan Gerakan Posyandu Aktif di Desa Bukit Raya Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur, rabu (14/06/2023).

"Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang mewadahi pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan sosial dasar yang pelaksanaannya dapat disinergikan dengan layanan lainnya sesuai potensi daerah. Keberadaan Posyandu semakin kuat, setelah ditetapkan sebagai salah satu jenis Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa,"ucap Yus Bariah

Istri orang nomor satu di Lampung Timur ini menjelaskan,Posyandu ditetapkan sebagai wadah partisipasi masyarakat, mitra pemerintah desa/kelurahan, yang ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan pembangunan di bidang kesehatan dan meningkatkan pelayanan masyarakat desa/kelurahan.

"Untuk itu diperlukan penguatan pembinaan dalam upaya pencapaian Posyandu aktif, dimana salah satunya mengoptimalkan implementasi kegiatan pokok, kegiatan integrasi dan program inovatif,"Ujarnya

Selain program pokok,Lanjut dia yang dilakukan di Posyandu, ada beberapa program tambahan ataupun program integrasi yang disesuaikan dengan karakteristik daerah seperti Bina Keluarga Balita yang dibina oleh BKKBN, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) oleh Kemendikbud, UP2K oleh TP-PKK, dan masih ada lagi program lainnya yang dibina oleh lintas sektor terkait.

"Posyandu bukan milik kesehatan, tetapi milik kita semua, agar posyandu dapat diakses oleh masyarakat diperlukan dukungan dari multi sektor termasuk peran pokjanal dan pokja. Saya berharap pokjanal dan pokja dapat menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan posyandu dengan menyusun perencanaan implementasinya mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten,"Tutup Yus (*)

Posting Komentar

0 Komentar