Gelar PIP -WK, Begini Kata Agus Djumadi


Mediafakta.id, Bandar Lampung-Keberadaan nilai -nilai Pancasila  saat ini sudah di terapkan dalam kehidupan masyarakat maupun kenegaraan meskipun sila-sialanya belum di rumuskan secara konkrit.

Hal ini di ungkapkan oleh Anggota DPRD Kota Bandar Lampung Agus Djumadi saat menggelar sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (PIP -WK), yang di laksanakan di Kecamatan Langkapura, Jumat (07/04/2023).

Menurut Agus Djumadi istilah panacasila ini telah dikenal sejak zaman majapahit sebagaimana yang di tulis dalam buku ketatanegaraan karangan Mpu Prapanca dan buku Sutasoma karangan Mpu Tantular.

"Ya,dalam buku Sutasom karangan Mpu Tantular istilah Pancasila mempunyai arti berbatu sendi yang lima, Pelaksanaan kesusilaan yang lima,"kata Agus Djumadi.

Dirinya juga menjelaskan bahwa istilah Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansakerta yaitu panca berati lima dan sila berati dasar atau azas.Jadi pancasila sebagai dasar negara yang terdiri dari lima azas atau lima sila.

"Nah,ibarat suatu bangunan, Negara kesatuan Repoblik Indonesia didirikan atas suatu pondasi atau dasar yang di namankan Pancasila yang terdiri dari lima dasar atau lima azas,"jelasnya.

Diketahui dalam sosialisasi PIP WK tersebut di hadiri oleh Ustadz Hilmudin Sulani dari Dewan syari'ah PKS, sebagi narasumber dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh 
Nenden Tresnanursari sebagi ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Lampung dan dihadiri oleh seluruh peserta PIP -WK.(ydn).

Posting Komentar

0 Komentar