Pencegahan Stunting Pemkab Pesawaran Laksanakan Pelatihan KPM Se-kabupaten Pesawaran


Mediafakta.id,Pesawarana -Upaya  Pemerintah Kabupaten Pesawaran  untuk mewujudkan desa yang tangguh, mandiri, sehat serta percepatan pencegahan stunting yakni dengan melaksanakan Pelatihan Keder Pembangunan Manusia (KPM ) Se-Kabupaten Pesawaran.

Dalam kegiatan yang dilakasnakan didua kecamatan yakni Marga Punduh dan Punduh Pedada ini dihadiri oleh Ketua Ketua TP PKK Nanda Indira Dendi, S.E., M.M seperti kegiatan yang  di laksanakan di Aula Desa Banding Abgung Kecamatan Punduh Pedada Senin (21/11/2022).

Dalam sambutannya Nanda Indira Dendi  mengatakan bahwa desa sebagai satuan pemerintahan terkecil mempunyai kewenangan untuk mengatur, mengurus pemerintahan dan kepentingan masyarakatnya.

"Keterlibatan desa merupakan hal signifikan yang harus diperhitungkan dalam pelaksanaan program pemerintah yang menjadikan masyarakat sebagai sasaran, termasuk upaya Uemerintah dalam melakukan percepatan pencegahan stunting di Desa,"kata Nanda Indira Dendi.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa upaya pencegahan stunting membutuhkan keterpaduan penyelenggaraan intervensi gizi pada lokasi dan kelompok sasaran prioritas (Rumah tangga 1000 HPK).

"Nah,untuk mencapai hal tersebut, diperlukan penyelarasan, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan pengendalian kegiatan lintas sektor serta antar tingkatan pemerintah.,"jelasnya.

Nanda Indira Dendi juga menyampaikan bahwa untuk memastikan layanan tersedia di desa dan dimanfaatkan oleh masyarakat,diperlukan adanya tenaga dari masyarakat terutama yang peduli dengan pembangunan manusia di Desa,maka dibentuklah Kader Pembangunan Manusia (KPM).

"Sesuai dengan prinsip kerjanya, KPM diharapkan dapat selalu bersinergi dalam melakukan proses perencanaan, pelaksanaan serta pemantauan kegiatan, bersama pelaku program dan lembaga lainnya seperti Bidan Desa, petugas puskesmas (ahli gizi, sanitarian), guru PAUD, dan aparat desa,"jelasnya.

"Saya sampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada kepada seluruh komponen masyarakat, perangkat pemerintah daerah, Kecamatan, hingga desa serta semua pihak atas kerjasama dan dukungannya dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pesawaran",tambahnya.

Dia juga mengatakan   adapun kegiatan ini mengusung tema yaitu Kabupaten Pesawaran bebas Stunting demi Mewujudkan Generasi Sehat dan Cerdas.
Meskipun pelatihan ini berlangsung dalam waktu yang singkat, namun diharapkan mampu memberikan peningkatan kapasitas bagi Kader Pembangunan Manusia, baik secara aplikatif maupun implementatif.

"Saya berharap kepada  para Narasumber dapat memberikan wawasan berdasarkan kompetensi keilmuan dan pengalaman praktis dilapangan dalam memperkaya khasanah pemikiran peserta kegiatan,"tegasnya. 

Dan Nanda indira Dendi Juga menghimbau kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama, dan semoga kita semakin semangat untuk mewujudkan Desa yang tangguh, mandiri, sehat serta bebas stunting. (*/Repi /ydn).

Posting Komentar

0 Komentar