Menjabat Ketua DPD F-SPTI K-SPSI Provinsi Lampung ,Program ini Yang Akan di Lakukan Agus Sujatama Surnada

Mediafakta.id,Bandar Lampung-Program kerja DPD F-SPTI K-SPSI Provinsi Lampung, kedepan  ini akan membentuk PUK  (Unit Kerja Pimpinan) para buruh yang ada di gudang-gudang agar para buruh mempunyai  wadah dan bisa terorganisir serta ada organisasi tempat  bernaung.

Hal ini di tegaskan oleh Agus Sujatma Surnada selaku ketua terpilih secara aklamasi, sebagai Ketua DPD F-SPTI K-SPSI Provinsi Lampung  melalui Musyawarah Daerah Federasi Serikat pekerjaan Transport Indonesia (SPTI) Konfederasi Serikat pekerja seluruh Indonesia dan pengukuhan DPD KSPSI Provinsi Lampung, di Hotel Sahid, Senin (17/10/2022).

Menurut Agus Sujatma Surnada,dalam sambutanya menjelaskan bahwa agenda musda yang di gelar tujuanya untuk menjembatani berbagai unsur baik elit politik, pemerintahan, serta tokoh-tokoh.Perlu ditekankan, bahwa ini murni acara buruh dan tidak mengandung unsur politik, serta dihadiri 10 pengurus DPC F-SPTI K-SPSI kabupaten/kota.


"Nah,kita jangan melihat ini sebagai seremonial saja, tapi semua internal harus bergabung untuk menyusun program kerja ke depan guna mensejahterakan kaum buruh, terutama buruh yang sedang berkonflik dengan perusahaannya. Tapi kita sifatnya hanya ditengah saja, kita hanya memediasi mereka.Jika nanti tidak ada yang dirugikan,apa salahnya nanti berjalan lagi dengan baik,” kata Agus Sujatma Surnada.

Dirinya juga berharapa dalam perjuangan ini ia  minta kepada semua buruh jangan mudah terprovokasi dengan pihak yang tak bertanggung jawab.

"Jangan sampai dipecah belah mana yang bisa membimbing dan mana yang bisa membina itu yang jadi orang tua kita,” ujar Agus Sujatma Surrnada.

Lebih lanjut Agus Sujatma Surnada juga menjelaskan selain program untuk membentuk PUK  (Unit Kerja Pimpinan) para buruh yang ada di gudang-gudang pihak nya juga segera akan menggelar agenda muscab DPC Khusus FSPTI Pelabuhan Panjang yang akan habis masa jabatan ketuanya pada Desember mendatang.

"Nah,dalam agenda ini bebas siapa saja yang ingin mencalonkan diri silakan maju. Dan dalam AD/ART organisasi tidak ada batasan pendidikan untuk menjadi ketua DPC,"jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP K-SPSI Yorrys TH Raweyai yang juga Ketua Komite II DPD RI menjelaskan, bahwa ada tugas pokok Komite II DPD RI yaitu Kementerian Ekonomi dan Industri, karena itu soal buruh ini juga menjadi tugas dari senator dalam rangka menjalankan tugas organisasi.Musda ini dalam rangka menjalankan fungsi mekanisme organisasi untuk memilih ketua definitif.

"Beliau (Agus Sujatma, red) ini bukan orang baru disini.Tapi kiprah beliau bisa dilihat di Lampung, bagaimana beliau peduli dengan pekerja di Lampung. Jadi ini kita formalkan saja,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Surya Batubara, Ketua Umum DPD F-SPTI menjelaskan bahwa agenda musda yang dilakukan DPD F-SPTI K-SPSI Lampung sangat luar biasa lataran suasana musda yang di gelar  ini  serasa Munas.

Oleh karena itu, diharapkan keberadaan buruh organisasi ini dapat mendukung program pemerintah dan nantinya SPTI Lampung dapat berkembang pesat dan mendukung kinerja KSOP di pelabuhan.

"Dan yang pasti semua anggota TKBM di pelabuhan 80 persen adalah anggota F-SPTI, ini adalah kekuatan kita dan semangat untuk mengembangkan organisasi buruh,"ucapnya.

Surya Batubara menegaskan tidak ada FSPTI lainnya selain kepemimpinan dirinya dan Agus Sujatma untuk di Lampung.

“Jangan ada-ada lagi yang mengaku-ngaku FSPTI selain yang dibawah kepemimpinan Pak Agus Sujatma. Saat ini Kemenaker cuman mengakui F-SPTI Kita dan di Lampung hanya Pak Agus. Jangan cuman ada SK-SK, tapi pengurusnya tidak ada,” tegasnya.

"Sampai saat ini FSPTI tersebar di 7 provinsi dan memiliki 780 DPC serta 500 lebih anggota,"tambahnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap FSPTI Lampung dibawah kepemimpinan Agus Sujatma dapat terus berkembang. Dimana, selama ini F-SPTI Lampung terseok-seok. “Bela juga anggota kami ditingkat bawah, mereka ini perlu perlindungan, baik perlindungan hukum dan perlindungan ketenaga kerja,” tukasnya.

Ditambahkan oleh Bustami  Zainuddin DPD RI asal Lampung yang juga pembina F-SPTI K-SPSI Provinsi Lampung, menjelaskan bahwa sudah menjadi tugas harapan bisa mengalirkan apa yang menjadi aspirasi kaumi.

“Soal butuh ini jadi tanggungan Komite II DPD RI yang juga menaungi Kementerian Ekonomi dan BUMN. Aspirasi buruh dari Lampung jadi tanggung jawab saya,"tegasnya.

Diketahui dalam pelaksanan Musyawarah Daerah Federasi Serikat pekerjaan Transport Indonesia (F-SPTI) Konfederasi Serikat pekerja seluruh Indonesia dan pengukuhan DPD KSPSI Provinsi Lampung yang di laksanakan di Hotel Sahid, Senin (17/10/2022) Agus Sujatama Surnada terpilih sejara akalamasi  dengan susunan Ketua Agus Sujatma Surnada ,Sekretaris Irham Tauhidi dan Bendahara Wedi Wediana, priode 2022-2027.

Hadir dalam kegiatan ini yakni Ketua Umum DPP K-SPSI Yorrys TH Raweyai yang juga Ketua Komite II DPD RI ,Bustami Zainuddin DPD RI asal Lampung yang juga pembina F-SPTI K-SPSI Provinsi Lampung,Surya Batubara, Ketua Umum DPD F-SPTI ,mantan wakil walikota  Bandar Lapung Yusup Kohar,Haidar taib selaku  tokoh senior juga Pembina, dan  10 DPC kabupaten/ kota dan hadir juga ketua-ketua  DPD F-SPTI  Provisi diantaranya Provinsi Sumatra Barat , Kalimantan ,Sumatra Utara dan Provnsi Jambi serta dihadiri ribuan buruh pelabuahan panjang (ydn).




Posting Komentar

0 Komentar