Lapor Bu Walikota Masyarakat Keluhkan Pelayananan Poskeskel "Doa Bunda" Kelurahan Kangkung Bumi Waras


Mediafakta.id, Bandar Lampung
-Keberadaan Poskeskel Do,a Bunda yang berada di Jl Ikan Teri Lingkungan 1 Rt 012 Kelurahan Kangkung Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung di keluhkan oleh beberapa warga setempat lataran kurang maksimalnya pelayanan yang di berikan dari pihak Poskeskel tersebut.

Hal ini berdasarakan keluhan dari beberapa warga yang hendak berobat atau melakukan pemeriksaan kesehatan di lingkungan ini  mengeluh lataran sudah beberap bulan ini keberadaan Poskeskel sering tutup.

"Semenjak ganti pegawai di sini jarang sekali buka paling sesekali buka dari jam 8:00 tutup jam 12:00 Wib.dalam bulan ini saja paling sekali bukanya ,"kata Supinah salah satu warga di lingkungan tersebut saat di wawancari wartawan Rabu (26/10/2022).

Supinah juga mengatakn meskipun tempat tinggalnya berdekatan dengan Poskeskel ini namun dirinya tidak pernah kenal dengan Bidan yang bertugas di Poskeskel ini, karna keberadaan bidan tidak pernah ngobrol dengan warga di sekitaran lingkungan ini.

"Nama Bidannya saja saya tidak tau karna tidak pernah ngobrol lagian juga sering tutup karena sudah hampir sekitar 2 bulan lebih keberadaan Poskeskel tidak pernah buka ,"jelasnya.

"Kalau warga disini mau berobat paling tidak ke Pustu di Pasar ikan atau langsung ke Puskesmas Sukaraja tapi kan jauh dari sini ,"tambahnya lagi.

Senada juga di keluhkan oleh Robiah warga yang tinggal berdampingan dengan Poskeskel tersebut juga mengatak bahwa keberadaan pelayanan kesehatan untuk masyarakat ini sia- sia saja lataran sering tutupnya Poskeskel ini.

"Ya,kalau awal mulanya banyak warga yang berobat disini tapi sekarang sudah tidak ada lagi karna setiap warga yang datang sering tutup.jadi masyarakat langsung ke Pustu atau ke Puskesmas,"ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa masyarakat di lingkungan ini sangat membutuhkan pelayanan kesehatan namun karna sering tutupnya Poskeskel ini masyarakt banyak yang kecewa.

"Sudah datang kesini malah tutup sementara mau ke Pustu malah kejauhan apalagi ke Puskesmas ,"sesalnya.

Ditambahkan oleh Juhedi yang tinggal di belakang Poskeskel ini  menyatakan bahwa sudah beberap bulan ini keberdaan Poskeskel sering tutup padahal banyak warga dilikungan ini yang hendak berobat.

"Lihat saja pak ada tulisan di pintu itu tutup,"ucapnya.

"Dulu sebelum masa -masa Covid,19 ada sepanduk yang di tempel bahwa petugas sedang melakukan tugas di luar.Ya, masyarakat disini maklum tapi sekarang harusnya di aktipin lagi ,"harapnya.

Sementara saat di kobfirmasi kepada pihak Pusksemas Pembantu (Puatu)Pasar Ikan melalui Oki Nugra Miraza SKM selaku kepala Pustu menjelaskan bahwa memang beberapa bulan ini ada warga yang mengeluh adanya pelayanan Puskeskel tersebut ,dan dirinya sudah menegur bidan yang bertugas agar pelayanan di tingkatkan.

"Sudah saya tegur bidanya tapi masih saja tidak dihiraukan dan saya juga sudah melapor ke pihak dinas.Namun,masih ada keluhan dari masyarakat,"kata Oki saat dikonfirmasi di ruangnya.

Dirinya berharap agar pelayanan di Poskeskel tersebut bisa di tingkatkan karna keberadan pelayanan tersebut sangat mendukung data Pustu untuk bahan laporan ke pihak Puskesmas terkait data-data riwayat pasian yang berobat.

"Saya disini sekalu Pimpian Pustu setidaknya koordinasi dari Poskeskel itu ada. Tapi sampai saat ini tidak ada koordinasi, dan saya berharap agar pelayanan kepada masyarakat tentunya di utamakan sesuai denga program ibu Wali Kota Bandar Lampung,"tegasnya.

Berdasarkan pantauan wartawan mediafakta.id, pada Rabu 26/10/2022 keberadaan Poskeskel tersebut terlihat sepi dan tertutup rapat tidak ada aktifitas dan juga terlihat bangunan itu tidak terawat dan terkesan jorok banyak lumut-lumut yang menempel lataran bocor.

Berdasarkan keterangan sumber yang enggan namanya di sebut bahwa  keberadaan Poskeskel ini milik warga setempat yang di sewakan untuk melayani kesehatan masyarak di lingkungan Lingkungan 1 Rt 012 Kelurahan Kangkung Kecamatan Bumi Waras.

"Setau saya sih kantor Poskeskel ini milik warga keturunan arab yang  tinggal disini lalu di sewakan, tapi saya kurang jelas berapa nominal sewanya pertahun lebih jelasnya tanya langsung ke pemiliknya,"kata sumber yang enggan namanya di sebut.

Sampai berita ini di turinkan selaku Plt Dinas Kesehatan Kota Bandar  Làmpung Desi Mega Putri belum bisa di konfirmsi meskipun wartawan sudah mengkonfirmasi lewat Whatsappnya namun tidak ada tanggapan, begit juga dengan oknum Bidan yang bertanggung jawab dalam pelayanan keberadaan Poskeskel yang di keluhkan masyarakat ini.(ydn).

Posting Komentar

0 Komentar