Ini Kata Bupati Pesawaran Saat Pimpin Apel Siaga Bencana Kabupaten Pesawaran Tahun 2022

Mediafakta.id,Pesawaran-Bupati Pesawaran H.Dendi Ramadhona K,ST.M.Tr.I.P hadir dalam rangka Apel Siaga Bencana dan Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pesawaran Tahun 2022.Apel dilaksanakan di Lapangan Pemkab Pesawaran Rabu,(12/10/2022).


Disela-sela sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Apel Siaga ini merupakan suatu moment penting yang harus kita laksanakan dalam rangka upaya pencegahan dan kesiapsiagaan kita semua untuk menghadapi bencana.

Hal ini mengingat bahwa Wilayah Kabupaten Pesawaran yang kita cintai ini merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi, dimana secara geografis Wilayah Kabupaten Pesawaran terdiri dari daerah Pesisir pulau dan pantai, Daerah Pegunungan, Daerah Hutan  dan daerah yang memiliki aliran sungai yang cukup banyak, yang kesemuanya ini dapat menjadi potensi ancaman terjadinya bencana di Kabupaten Pesawaran.

“Paradigma Penanggulangan Bencana saat ini harus mengedepankan upaya preventif atau Pencegahan dan Kesiapsiagaan dari pada upaya persepektif responsive atau penanganan darurat. Paradigma preventif ini harus menjadi cara pikir dan cara tindak kita dalam upaya penanggulangan bencana sehingga dapat meminimalisir korban dan kerugian yang timbul akibat bencana. Hal ini sesuai dengan tema Apel Siaga Bencana Kita Pada Tahun 2022 ini yaitu “Bersama Kita Tangguh”. Dengan Hastag # jejama gham tangguh”,kata Dendi. 

Dendi juga mengatakan Pada dasarnya penyelenggaraan penanggulangan bencana sangat tergantung dari pola perilaku kita, yaitu perilaku yang harmoni dengan alam dan perilaku yang aman bencana (safety culture). Untuk itu, perlu revolusi mental merubah perilaku menuju budaya aman bencana dengan melakukan edukasi publik melalui gerakan kesiapsiagaan dan meningkatkan kapasitas pemerintahan, organisasi, masyarakat, komunitas, keluarga dan individu agar mampu menanggapi bencana secara cepat dan tepat.

“Pada kesempatan ini saya menghimbau, marilah kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan kita semua dalam menghadapi bencana yang dimulai dari diri kita, keluarga dan Komunitas, karena kita semua sadar bahwa bencana datang pada tempat dan waktu yang tidak kita ketahui”,lanjut katanya.

Di akhir sambutannya Bupati juga mengingatkan kepada semua satuan kerja dan steak holder yang terkait penanggulangan bencana di Kabupaten Pesawaran untuk terus meningkatkan kemampuan dalam upaya penanggulangan bencana baik secara personal maupun secara organisasi serta mengintensifkan komunikasi dan koordinasi sehingga penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Pesawaran dapat berjalan secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh. (Diskominfo Pesawaran ).

Posting Komentar

0 Komentar