Darlis SE: Pasca Terjadinya Banjir Masyarakat Harus Tetap Tingkatkan Kewaspadaan

Mediafakta.id,Pesawaran-Camat Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Darlis SE. menghimbau kepada seluruh masyarakat di kecamatan ini agar tetap selalu meningkatkan kewaspadaan pasca terjadinya banjir yang melanda di beberapa desa wilayah Kecamatan Padang Cermin.

Menurut Darlis akibat curah hujan dengan Intensitas yang cukup tinggi disertai kondisi laut yang sedang pasang menyebabkan banjir yang terjadi di beberapa desa yang ada di Kecamatan  Padang Cermin kabupaten Pesawaran yang terjadi pada Kamis (27/10/2022) lalu.


"Lebih dari 500 rumah terkena banjir yang berada di Desa Padang Cermin, Desa Sanggi,Desa Durian dan Desa Banjaran dengan ketinggian Air mencapai 50 sampai dengan 150 cm,"tulis Darlis dalam akun mensosnya Kamis (27/10/2022).

Dirinya menjelaskan bahwa musibah banjir ini cukup merugikan terutama kegiatan masyarakat seperti para Petani,Pedagang dan Nelayan.Dan deng masih tingginya Curah hujan maka dirinya menghimbau kepada masyarkaat agar tetap waspada menghadapi cuaca extrim yang terjadi saat ini.

"Kami dari pihak kecamatan padang cermin menghimbau kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan. Dan mari kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT agar musibah ini tidak lagi terjadi pada masa yang akan datang,"kata mantan Camat Punduh Pedada dalam postingan akun mensosnya ini.

Diketahui beberapa desa yang ada di wilayah pesisir seperti di kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran  dikepung banjir yang terjadi sejak Pukul 07.00 Wib hingga Pukul 13.52 Wib sehingga  permukiman rumah warga di lima desa, terndam banjir pada kamis (27/10/2022).

Terjadinya bencana banjir ini disebabkan intensitas hujan yang sangat  lebat, dan dipengaruhi pasangnya air laut, sehingga  meluapnya air sungai Way Ratai, sedikitnya ratusan rumah warga, fasilitas umum terendam banjir, termasuk puluhan hektar sawah turut terendam banjir, serta aktivitas lumpuh total.

Luapan air di wilayah kecamatan Pesisi ini terjadi di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Wai Ratai ,Kecamatan Padang Cermin dan Marga Punduh sehingga banyak pemukiman penduduk  desa di beberapa kecamatan ini tergenag Air.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Padang Cermin dan Kecamatan Wai Ratai lupan air dari sungai Way Ratai di sertai pasangnya laut ini menggenangi beberapa ruas jalan dan rumah penduduk  yang mengalami kebanjiran selain itu juga menyebapkan kemacetan seperti yang terjadi di pertigaan Desa Padang Cermin lataran arus Air sangat deras.

Selain itu juga kantor Koramil Kecamatan Padang Cermin tak luput dari genangan air kali yang meluap.(ydn).

Posting Komentar

0 Komentar