Baznas Pesawaran Proleh Akreditasi A, Dan Ini Sebapnya


Mediafakta.id,Pesawaran -Berdasarkan hasil pendataan yang di lakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS-RI).Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung memberikan akreditasi A kepada BAZNAS Pesawaran.

Hal ini di tegaskan oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Pesawaran Abdul Hamid setelah dilakukan akreditasi yang dilakukan oleh Kementerian Agama Provinsi Lampung, BAZNAS Pesawaran mendapatkan nilai tertinggi se-Provinsi Lampung, dengan memperoleh peringkat akreditasi A dengan nilai 96,8.

"Ya,tentunya dengan mendapatkan peringkat akreditasi tertinggi se-Provinsi Lampung, membuat kami menjadi lebih semangat dalam meningkatkan pelayanan baik dalam pelaksanaan penghimpunan, pendistribusian, serta pelaporan secara akuntabel sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," kata dia, Jum'at (29/09/2022).

Menurutnya, pada tahun ini BAZNAS Kabupaten Pesawaran juga mendapatkan penghargaan dari BAZNAS RI, terkait pengukuran Indeks Zakat Nasional dan dampak Zakat yang dirasakan bagi masyarakat yang menerima.

"Jadi kami mengirimkan data-data yang diminta oleh BAZNAS RI, mulai dari data penerima zakat, kemudian dampak yang dirasakan masyarakat setelah mendapatkan bantuan yang diberikan oleh BAZNAS, karena penyerahan data yang baik dari kita, makanya kita mendapatkan penghargaan tersebut," ujar dia.

Ia juga melanjutkan lataran banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dari pembayaran zakat tersebut, pihaknya akan terus memperluas sosialisasi akan pentingnya pembayaran zakat kepada para instansi maupun OPD yang ada di Pesawaran.

"Yang harus diketahui, banyak masyarakat kita ini yang belum tersentuh bantuan, ada juga masyarakat yang selalu menerima bantuan dari mana-mana, namun kalau pemberian bantuan melalui BAZNAS, tim kami akan turun terlebih dahulu untuk mengecek secara langsung apakah masyarakat tersebut layak atau tidaknya menerima bantuan," tutur dia.

Atas kegiatan yang masif dilaksanakan BAZNAS Bumi Andan Jejama dalam mengupayakan mensejahterakan masyarakat secara luas, pengurus BAZNAS setempat juga menyampaikan terima kasih kepada kepala daerah.

"Kemudian kami juga ingin berterimakasih kepada Bupati Pesawaran, yang telah banyak membantu kami dalam penarikan Zakat kepada para ASN yang ada di Pesawaran, tentunya tanpa dukungan pemerintah kami tidak mungkin bisa melakukan berbagi kegiatan sosial bagi masyarakat," tegas dia.

Sementar itu Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bahwa lembaga BAZNAS Pesawaran telah banyak membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dengan berbagi program yang dikeluarkan oleh BAZNAS yang langsung menyentuh kepada masyarakat.

"Banyak program sosial yang dikeluarkan oleh BAZNAS Pesawaran, baik itu untuk program sosial, kesehatan maupun pendidikan bagi masyarakat Pesawaran yang membutuhkan. Karena kita ketahui, dalam penyaluran bantuan yang dikeluarkan BAZNAS, pihaknya selalu menurunkan tim untuk survei terlebih dahulu penerimanya, sehingga bantuan tersebut dapat tepat sasaran kepada masyarakat yang memang membutuhkan," kata dia.

Menanggapi hal ini Ridwan salah satu warga yang pernah menerima manfaat BAZNAS Kabupaten Pesawaran mengungkapkan bahwa program Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui BAZNAS sangat membantu masyarakat kecil.

"Terus terang, saya sangat terbantu dengan adanya berbagai program bantuan yang terus digulirkan BAZNAS. Kami pernah menerima santunan pendidikan untuk anak saya, saat itu saya lihat banyak sekali bantuan dan santunan yang diberikan kepada masyarakat lainnya,"pungkasnya (*/ydn).

Posting Komentar

0 Komentar