Suntan Junjungan Makhga Nahkodai MPAL Pesawaran




Mediafakta.id l Lampung l Pesawaran -- Hasil dari Musyawarah Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) , Farifki Zulkarnaen dengan gelar adat Suntan Junjungan Makhga Nahkodai MPAL Pesawaran Periode 2021-2026.

Bupati Pesawaran Dendi Rama Dhona dengan gelar Pangeran Paksi Makhga mengatakan bahwa ada lima hal yang di sampaikan dirinya untuk kemajuan MPAL.

"yakni melakukan penataan, pelayanan masyarakat, merapikan pendataan, pencitraan yang baik, serta menyiapkan pendanaan untuk program yang akan dilaksanakan," Katanya di Gedung Serbaguna Pemkab setempat, Rabu (2/6/2021).

Orang nomor satu di Kabupaten sebutan Bumi Andan Jejama ini berpesan agar Majelis Punyimbang Adat (MPAL) Lampung menjadi media pemersatu warga Pesawaran, dengan memberikan teladan terbaik dalam kehidupan bermasyarakat.

"Tokoh adat di Kabupaten Pesawaran harus menjadi teladan bagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Seperti kita ketahui, Pesawaran masih mengalami kenaikan kasus pandemi Covid-19, sehingga saya perlu ingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya para tokoh adat untuk menjadi teladan bagi msyarakat dalam penerapan protokol kesehatan,"Ucap Dendi.

Menurut Dendi, peran tokoh adat sangat strategis dalam mendukung program pembangunan kabupaten setempat, salah satunya dalam mendukung program penanganan pandemi virus corona.

"Selain itu, MPAL merupakan wadah silaturahmi tetua adat dalam rangka melestarikan adat budaya menuju pesawaran yang maju sejahtera dan berdaya saing," tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Dendi Meminta dukungan kepada tetua adat agar pembangunan tapis Al Qur'an bisa berjaln dengan lancar. 

"Saya minta dukungan seluruh tetua adat dalam pembangunan Museum Tapis Allah Qur'an yang rencananya akan di bangun di wilayah setempat dengan melibatkan perajin kain tapis," Jelasnya

Sementara itu, Ketua MPAL terpilih Farifki Zulkarnaen dengan gelar adat Suntan Junjungan Makhga menyampaikan bahwa dalam memimpin, dirinya akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah. 

"Saya akan berkoordinasi dengan Pemerintah untuk membantu Program Program hal ini supaya perkembangan adat lampung di Kabupaten Pesawaran bisa lebih maju, selain itu untuk mempererat Saibatin dan Pepadun,"Singkatnya (Desmi) 


Posting Komentar

0 Komentar