TPT Desa Pujo Rahayu diduga Asal Asalan





MEDIAFAKTA.ID l LAMPUNG l PESAWARAN--
Program dana desa (DD) bertujuan utama  yakni tepat sasaran, direncana, dikelola, dan dilaksanakan sendiri oleh Pemerintah Desa.
Tetapi sangat disayangkan yang terjadi di Desa Pujorahayu, Kecamatan Negeri Katon  Kabupaten Pesawaran.

Proyek Pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) yang terletak di Rt 09,Dusun 3 di desa setempat yang mengalami kerusakan dan sebagian talud ambrol. Pembangunan talud sendiri pada dana desa (DD) tahap 3 tahun 2019.

Salah satu warga setempat yang enggan di sebutkan namanya mengaku, ambrolnya TPT yang letaknya tak jauh dari pasar Pujorahayu ini diduga bahan material bangunannya jelek termasuk adukan semennya dan pasirnya.

“Saya tidak tahu pasti penyebabnya, yang jelas pembangunan talud sepanjang 250x2=500 meter  itu sebagian sudah pada ambrol. sementara disekitarnya mengalami retak-retak, yang diperkirakan 10 meter, "katanya, di lokasi sambil meminta namanya jangan disebutkan, Senin (25/5/2020).

Dia juga mengaku tidak mengetahui pelaksanaan yang mengerjakan proyek pembangunan talud tersebut, sebab dari awal proyek dikerjakan dan sampai selesai, papan informasi proyek tidak dipasang dilokasi proyek.

"Saya tidak tahu pelaksana proyeknya siapa,  yang saya tahu, yang kerja orang-orang desa, tapi kebanyakan yang kerja  para pamong desa setempat," singkatnya

hal Senada juga di sampaikan warga lainnya, yang menduga, ambrolnya pembangunan TPT tersebut lantaran kualitas pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis (spektek). Pasalnya, usia bangunan masih baru yakni baru 3 bulan selesai di kerjalan sudah rusak parah.

“Kemungkinan kuat, TPT tersebut dikerjakan asal-asalan, karena usia bangunan masih baru belum 1 tahun," ucapnya.

Ia melanjutkan, kalau seperti ini, ya biar diarahkan kepihak yang berwenang. 

“saya sendiri sebagai warga masyarakat sini ya turut mengawasi bangunan yang tidak sesuai pembangunannya,"tegasnya

Ia pun berharap Pemerintah Kabupaten supaya dapat mengevaluasi pengerjaan proyek tersebut. "Kalau ada spesifikasi pengerjaan yang tidak beres bisa ditindak,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, selain di titik yang ambrol  terdapat beberapa titik yang bakal menyusul ambrol, karena telah timbul retakan-retakan. 

“Tinggal menunggu waktu saja, di titik tersebut bakal menyusul ambrol,”ujarnya

sementara itu, Kepala Desa Pujo Rahayu Apri Budi Hartono, saat di konfirmasi terkait ambrol nya TPT,menyampaikan, Pembangunan TPT tersebut di bangun Oleh pejabat (pj) Kepala desa,bukan diri nya,tetapi diri nya berjanji akan memperbaiki kerusakan pekerjaan tersebut.

"ia memang saya mendengar mengetahui bahwa bangunan TPT ada yang ambrol dan setahu saya itu dikerjakan oleh pj kepala desa, bukan saya,tetapi sebagai bentuk dari tangung jawab,saya akan segera memperbaiki pekerjaan tersebut,"Tutup Budi
(Feri)

Posting Komentar

0 Komentar