Tahun 2020, 49 Kabupaten Kota Akan Di Bangun Jaringan Gas Dengan Mengucurkan Anggaran Sebesar 3,029 Triliun







mediafakta.id l Karawang l Jawa Barat ---
pada tahun 2020, pemerintah akan membangun 266.070 SR di 49 kabupaten/kota dengan anggaran Rp3,029 triliun

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial mengatakan,  pembangunan jargas ini dilaksanakan oleh Kementerian ESDM dengan menunjuk pelaksana PT Perusahaan Gas Negara Tbk selaku anak perusahaan sub holding gas bumi dari PT Pertamina (Persero).

"Adapun sejumlah jargas rumah tangga  dibangun di Kelurahan Teluk Jambe, Sirnabaya, Puseur Jaya dan Adiarsa Barat," Katanya, Selasa (17/12/2019) 

Sumber pasokan gas berasal dari Wilayah Kerja PT Pertamina EP disalurkan melakui pipa distribusi milik PGN. Program tersebut juga ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM dan Pemerintah Kabupaten Karawang.

"Penanda nota kesepahaman itu, tentang Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jaringan Distribusi Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Wilayah Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini dipilih karena memenuhi beberapa kriteria, antara lain dekat dengan infrastruktur eksisting pipa gas serta adanya dukungan Pemerintah Daerah setempat,” kata Ego.

Ego menjelaskan terkait harga gas telah ditetapkan oleh Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas) melalui Peraturan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2019 tentang Harga Jual Gas Bumi Melalui Pipa Untuk Konsumen Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil Pada Jaringan Pipa Distribusi Kabupaten Karawang.

"Program diversifikasi bertujuan untuk memberikan akses energi kepada masyarakat. Dengan pembangunan jargas ini diharapkan berdampak positif kepada masyarakat melalui penghematan pengeluaran biaya bahan bakar, membantu ekonomi masyarakat menuju ekonomi masyarakat mandiri dan ramah lingkungan,” kata dia.

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto menyampaikan pembangunan jargas telah dilaksanakan pemerintah sejak tahun 2009. 

"Untuk tahun 2019, jargas dibangun sebanyak 74.216 SR di 16 lokasi yaitu Kabupaten Aceh Utara, Kota Dumai, Kota Jambi, Kota Palembang, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cirebon, Kota Lamongan, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Banggai dan Kabupaten Wajo. Sementara pada 2020, pemerintah akan membangun 266.070 SR di 49 kabupaten/kota dengan anggaran Rp3,029 triliun,” kata dia.(Di Lansir Dari REPUBLIKA.CO.ID

Posting Komentar

0 Komentar