Kontes Kambing Peranakan Etawa






mediafakta.id l LAMPUNG l PESAWARAN l Pemerintah Kabupaten Pesawaran,  melaksanakan rembuk ternak sekaligus Kontes Kambing Peranakan Etawa ( PE ) yang di selenggarakan di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedong Tataan, Kamis ( 03/10/2019)

Bupati Pesawaran,  Dendi Romadhona dalam sambutannya mengatakan, Pembangunan sektor pertanian mempunyai peran penting dalam rangka mewujudkan stabilitas nasional, sehingga harus dilanjutkan secara berkesinambungan. 

" Sejalan dengan salah satu Misi pembangunan Kabupaten Pesawaran yaitu untuk mewujudkan petani yang makmur dan sejahtera berbasis agribisnis. Oleh sebab itu, pembangunan pertanian tidak hanya terfokus pada sektor Tanaman Pangan semata, tetapi juga sektor Hortikultura, perkebunan dan Peternakan, " katanya. 

Ia menjelaskan,  hal ini merupakan Mengacu pada keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor : 830/Kpts/RC.040/12/2016 tentang Lokasi Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional merupakan salah satu yang ditetapkan sebagai lokasi  kawasan pengembangan Kambing di Kabupaten Pesawaran. 

" Adapun upaya di Bumi Andan Jejama untuk mewujudkan tujuan itu dengan di keluarkannya Peraturan Bupati Pesawaran Nomor 19 tahun 2016 tentang Penetapan Kawasan Pedesaan Pengembangan Padi dan Ternak Kambing, " ucapnya

Kawasan pedesaan berbasis kambing meliputi wilayah Kecamatan Gedong Tataan. 

" antara lain Desa Kurungan Nyawa, Negeri Sakti, Suka Banjar, Bernung, Sungai Langka, Wiyono, Kebagusan, Suka Raja, Bagelen, Gedong Tataan, Bogo Rejo, Suka Dadi, Way Layap, Cipadang, Pampangan, Padang Ratu, Karang Anyar dan Desa Kutoarjo, " ucap Dendi


Seperti di ketahui, Dendi melanjutkan,  ternak kambing merupakan salah satu jenis ternak yang cukup di gemari masyarakat, karena pemeliharaannya yang terbilang mudah serta harga yang stabil dan terjangkau baik di tingkat penjual maupun konsumen/masyarakat.

" selain dapat meningkatkan nilai gizi yang berasal dari protein hewani juga dapat menambah nilai income bagi peternak. Ternak kambing bukan hanya dapat menyumbangkan nilai gizi dari daging kambing saja, tetapi juga dapat meningkatkan gizi masyarakat dari produksi susu yang dihasilkannya, " terang dia

Kambing Peranakan Etawa merupakan salah satu kambing dwiguna yang dapat menghasilkan susu dan daging. 

" Sehingga dapat dikatakan beternak kambing merupakan aktifitas yang sangat bermanfaat dan menguntungkan, " ujar Orang Nomor Satu di Bum Andan Jejama. 

Dendi Menuturkan, Tujuan dilaksanakannya Acara Rembuk Ternak ini salah satunya dalam rangka upaya menggali potensi budidaya kambing peranakan etawa unggulan. 

" meningkatkan daya saing, meningkatkan nilai jual kambing Peranakan etawa, dan terjalinnya komunikasi antara petani peternak, pelaku usaha masyarakat dan Pemerintah, " jelas dia

Dendi berharap, para peserta kontes dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik, agar tujuan tersebut dapat tercapai dan terlaksana serta produktifitas kambing Peranakan Etawa (PE) dapat lebih maju dan berkembang. 

" kepada para juri saya berharap dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga menghasilkan juara kontestan Kambing Peranakan Etawa Unggul sesuai kategori masing-masing, " tutup dia ( Ali) 

Posting Komentar

0 Komentar