Respon Cepat Dinas BMBK Lakukan Penanganan Longsor Bahu Jalan Provinsi Wilayah Pesawaran


Mediafakta.id,Pesawarn
Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Lampung gerak cepat memperbaiki bahu jalan di ruas jalan Lempasing dan Padang Cermin, Desa Dantar Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung Pasca terjadinya bahu jalan Provinsi yang langsor beberapa hari lalu.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Lampung M.Taufiqullah bahwa pihaknya telah melaksankan penijuan dan berkomitmen segera melakukan  perbaikan bahu jalan tersebut segera dilaksanakan pada ruas jalan Lempasing dan Padang Cermin.

"Ya,bahu jalan tersebut segera dibangunkan talud untuk penahan konstruksi tanah agar tidak bergeser dan tetap terjaga meski demikian juga pentingnya menjaga lahan bukit tidak dikeruk sembarangan dengan tetap memperhatikan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL)," kata Taufiq kepada wartawan ,Rabu  (03/04/2024).

Lebih lanjut Ia juga menyebutkan,kerusakan bahu jalan pada ruas jalan lempasing-padang cermin terdapat dua titik rusak parah, selain dekat pembuangan sampah dan di tingkungan pematang liang Desa Dantar Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

"Bahu jalan tergerus longsor itu segera bangun talud dengan diperkuat gelang-gelang pada dindingnya agar tidak konstruksi tanah tidak bergeser, kemudian dilakukannya pembersihan siring dan gorong-gorong saat tengah ditangani  tim UPTD 1," jelas Taufiq.

Ditambahkan oleh Kepala UPTD I Dinas BMBK Provinsi Lampung, Ahmad Barden Mogni menambahkan, tim UPTD I telah turun langsung meninjau longsor melanda baju jalan provinsi pada ruas jalan lempasing-padangcermin, tepatnya berada di Desa Dantar Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

"Tim UPTD 1 langsung melakukan evakuasi yang telah ditindai dengan garis polis, kemudian ditinjau kembali oleh pimpinan untuk segera melakukan perbaikan dan pembersihan bahu jalan terkena longsor di wilayah tersebut, tentunya kami akan berkoordinasi dan melibatkan pemerintah desa dan pihak kecamatan setempat,"kata Ahmad didampingi Kasi Jembatan Burlian UPTD1 Dinas BMBK Provinsi Lampung itu.

Sementara itu, Camat Padang Cermin Asnawi memastikan bahu jalan tergerus longsor pada ruas jalan lempasing padang cermin yang berada di Pematang Liang itu tentu secepatnya diajukan usulan ke Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Lampung untuk diperbaiki dan dibangunkan talud penahan longsor.

"Disisi lain juga akan dilaksanakan pembersihan oleh TNI - Polri bersama Masyarakat diprakarsai oleh Brigif 4 Marinir/BS dijadwalkan Rabu besok 03 April 2024,"pungkasnya (*/ydn). 

Posting Komentar

0 Komentar