Begini Hasil Kesepakatan Antar Kadin Provinsi dan TKBM Pelabuhan Panjang


Mediafakta.id, Bandar Lampung -Upaya untuk membantu para anak buruh yang ingin mengenyam pendidikan yang lebih tinggi secara geratis merupakan wujud nyata yang di lakukan oleh pihak 
koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Panjang.

Untuk mewujudkan program ini melalui ketua koprasi TKBM Pelabuhan Panjang Agus Sujatma Surnada melaksakan  kesepakatan kerjasama antara Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Lampung yang di laksanakan di Rumah Makan Begadang Resto,Sabtu (04/04/2023).

Menurut Agus Sujatma Surnada dengan adanya MoU dengan Kadin nantinya anak para buruh tersebut bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang bangku kuliah secara gratis di Universitas Malahayati (Unmal) Lampung.

"Ya,kesepakatan kuliah gratis bagi anak anggota koperasi tersebut telah disepakati dan ada kesepakatan kerjasama antara kamar dagang dan industri (Kadin) dan Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, tentang bea siswa pendidikan anggota keluarga Koperasi TKBM,"kata Agus Sujatama.

Lebih lanjut  Agus Sujatma Surnada, menjelaskan bahwa kesepakatan dengan Kadin Lampung tersebut tentang pendidikan itu, sebagai tindak lanjut dari program kerja pengurus koperasi TKBM dari hasil rapat anggota tahunan (RAT). Dan kuliah gratis Nol biaya ini telah ada kerjasama dengan Kadin Lampung, dimana anak-anak anggota koperasi bisa mengenyam pendidikan kuliah di Universitas Malahayati.

“Kita sudah ada kesepakatan dan mulai besok nanti ada dari pihak Malahayati yang berkantor di koperasi dan membimbing para buruh yang ingin anaknya masuk kuliah, kuliah gratis tanpa biaya apapun,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa Pengurus Koperasi TKBM, terus mengupayakan bagaimana memberikan kesejahteraan kepada anggota.Selain memberikan hunian perumahan, juga pendidikan dan kini ada jenjang kuliah gratis. Namun demikian pula, pengurus koperasi TKBM masih akan terus mendirikan berupa Yayasan Pendidikan untuk anak buruh.

“Kita juga masih berusaha bagaimana di sekitar perumahan buruh nanti ada Yayasan Pendidikan, kita bangun sekolah kejujuran (SMK) bagi anak buruh. Sekarang ini juga sudah ada program kuliah gratis di Universitas Malahayati. Bagaimana kami bertekad agar anak buruh berpendidikan dan bisa kuliah,” jelasnya.

Sementara itu, Yuria Putra Tubarat, Wakil Ketua Kadin Lampung, menjelaskan bahwa program beasiswa kepada anak buruh TKBM ini merupakan program Kadin. Dimana Kadin ada Bidang Koperasi, dan Kadin bekerjasama dengan Universitas Malahayati untuk memberikan beasiswa kepada koperasi anak TKBM Panjang 

“Program beasiswa ini tidak luput dari program mensejahterakan anggota, Koperasi TKBM memberikan beasiswa kepada anak anggota Koperasi. selama kuliah gak bayar, setiap bulan dikasih santunan,” jelasnya.

Nah, mengenai persyaratan-persyaratan beasiswa sudah dijelaskan dan nantinya ada petugas dari Kampus Malahayati yang berkantor di Koperasi TKBM supaya memudahkan proses persyaratan-persyaratan bagi anak anggota yang akan kuliah.

“Yakinlah Ketua Koperasi TKBM pak Agus ini berjuang untuk mensejahterakan buruh.Makanya mulai saat ini,mari kita bangun kebersamaan untuk kemajuan bersama,pupuklah kekompakan jangan mudah tersulut. Nggak nemu pak sekolah/kuliah gak bayar, dikasih uang lagi, bersukurlah kita.Saya yakin dengan pendidikan bisa merubah masa depan,” pungkasnya (*/ydn).

Posting Komentar

0 Komentar