Ini kata Ketua DPRD Terkait Jabatan Sekda dan Pejabat Plt


Mediafakta.id,Bandar Lampung-Ketua DPRD Bandar Lampung Wiyadi meminta Wali Kota segera melantik Sekda definitif pasca hasil asessmen dan rekomendasi keluar.

Menurut Wiyadi tidak ada alasan mendasar atau aturan yang belum terpenuni untuk wali kota tidaks egera mendefinitifkan jabatan sekda Kota.

Menurut Wiyadi jika Sekda Kota Bandar Lampung telah dilantik definitif tentu tidak ada yang dirugikan. Sebab, kinerjanya bakal fokus dan bisa maksimal membantu kerja dari wali kota.

“Ini menurut saya tapi bukan masalah sekda saja, ini untuk semua pejabat-pejabat yang lain juga,” ujarnya. (03/03/2023).

Dikatakannya sudah dua tahun lebih wali kota menjabat masih banyak jabatan-jabatan yang dipegang oleh orang itu-itu saja. Setelah Plt di satu tempat, nanti mutar-mutar lagi. Menurut saya itu tidak efektif sama sekali,” sesalnya.

Wiyadi menilai banyaknya jabatan yang diisi Plt bakal sangat tidak efektif untuk pejabat menjalankan tugasnya. Ia mencontohkan, hal paling dasar adalah terkait surat menyurat. Di mana, surat membutuhkan tandatangan kepala OPD. Sedangkan, kepala OPD tersebut menjabat Plt di OPD lain.

“Saat dibutuhkan tandatangan itu, pejabat omo sedang mimpin rapat di OPD lain. Pasti surat tersebut akan terhambat. Sama, ketika ada kebijakan-kebijakan strategis tidak akan fokus pada satu OPD itu saja,” ungkapnya.

Karenanya, Wiyadi mendesak agar Pemkot Bandar Lampung tertib administratif dengan mengisi kekosongan jabatan di Pemkot Bandar Lampung. 

“Saya pernah bilang saat satu acara dengan wali kota terkait hal ini. Beliau bilang akan segera mengisi jabatan kosong itu. Itu kita tagih janjinya,” kata dia.

Pasca Sekda Badri Tamam pensiun pada Mei 2021 dari jabatan Sekda Bandar Lampung, Jabatan Sekda Bandar Lampung telah tiga kali berganti. Pertama, Senin 10 Mei 2021, Wali Kota Bandar Lampung mengangkat Tole Dailami yang saat itu menjabat kepala Dinas Sosial menjadi pelaksana harian (plh) sekda.

Kemudian Selasa 15 Februari 2022 Sukarma Wijaya yang saat itu menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra di angka Eva Dwiana menjadi Penjabat (Pj) Sekda. Terakhir, pada Kamis 19 Januari 2023, Eva Dwiana menunjuk Khaidarmansyah yang merupakan Kepala Bappeda menjadi Plt Sekda Bandar Lampung. (*/ydn).

Posting Komentar

0 Komentar