Ini Harapan Sekda Pesawaran Dalam Agenda Kungker Anggota DPD RI di Bumi Andan Jejama


Mediafakta.id,Pesawaran -Sekretaris Daerah Kabuapten Pesawaran Wildan,S.E.,M.M. menerima Kunjungan Kerja (Kungker) Anggota DPD RI Dapil Provinsi Lampung di Aula Teluk Ratai Pemkab Pesawaran,Senin (20/02/2023). 

Dalam agenda Kungker Anggota DPD RI Dapil Provinsi Lampung yang beragendakan Monitoring Dan Evaluasi Dana Desa dengan tema Evaluasi Penyaluran Dana Desa dan Bangun Sinergitas antara Industri Jasa Keuangan dengan Pemda Kabupaten Pesawaran bisa dapat memberikan arahan agar dana desa untuk Kabupaten Pesawaran dapat dikelola dengan baik. 

Menurut Wildan bahwa desa-desa di Indonesia telah mendapatkan kucuran dana desa yang diharapkan bermanfaat untuk pembangunan desa yang bersumber dari APBN.

"Dengan adanya dana desa ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh banyak desa di Indonesia pada umumnya dan desa desa di Kabupaten Pesawaran sebanyak 148 desa untuk meningkatkan kualitas desa dan orang-orang yang tinggal di dalamnya, baik desa yang bertipologi desa mandiri, desa maju, desa berkembang maupun desa tertinggal," ucapnya.

Wildan menyampaikan Dana Desa diharapkan dapat mendorong desa tertinggal menjadi desa berkembang dan akhirnya desa tersebut harus bisa mandiri. 

Wildan pun menambahkan masih banyak aspek dalam pembangunan desa, yang dipandang perlu untuk ditingkatkan,salah satunya adalah aspek pendampingan dan pengawasan dana desa baik oleh masyarakatnya sendiri maupun stakeholder lain termasuk pemerintah kabupaten dan provinsi, dalam memastikan bahwa dana desa digunakan secara akuntabel dan tepat sasaran.

Disamping itu,dinamika dan kompleksitas yang dihadapi oleh pemerintahan desa, dapat menghadirkan kemungkinan kesalahan yang dilakukan oleh pemerintah desa dalam pengelolaan dana desa.

"Maka,monitoring dan evaluasi dana desa oleh Anggota DPD RI tentunya harus kita sambut dengan baik dan gembira, karena dapat menjadi instrumen yang baik pula bagi kita dalam “mengingatkan”, sehingga potensi kesalahan dalam pengelolaan dana desa dapat diminimalisir," tambahnya.

Lebih lanjut Wildan d berharap kepada  Anggota DPD RI Dapil Provinsi Lampung dapat memberikan arahan agar dana desa untuk Kabupaten Pesawaran dapat dikelola dengan baik.Sedangkan untuk memperoleh berbagai informasi terkait agenda kunjungan pada hari ini,saya persilahkan kepada Anggota DPD RI Dapil Provinsi Lampung untuk berhubungan secara langsung dengan Dinas/Instansi terkait.

Sementara itu Pimpinan Komite IV DPD RI Perwakilan lampung, K.H. I.r Abdul Hakim, M.M. berharap ada sinergitas yang dibangun antar elemen pemerintahan, baik legislatif juga eksekutif untuk upaya peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

Diketahui dalam acara ini dihadiri oleh Kepala BPKP Provinsi Lampung bapak Baihaqi, Perwakilan PT PNM regional Bandar Lampung 2, Musrifatun, Kepala BNI Kantor Unit Gd tataan,Perwakilan BRI Kanwil RO Lampung, Camat se Kababupaten Peswaran,Ketua Apdesi Se-Kabupaten Pesawaran, Pengelola KPB Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran (*/ydn).

Posting Komentar

0 Komentar