Antusias Masyarkat Ikuti Pendaptaran Pantarlih Kelurahan Kemiling Permai



Mediafakata.id, Bandar  Lampung-Pendaftaran Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah mulai di laksanakan sejak kamis 26/01 2023 di beberapa wilayah Indonesia salah satunya di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung.

Menurut keterangan dari salah satu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Kemiling, Fahrul  Efendi menjelaskan bahwa Pantarlih merupakan badan ad hoc yang bertugas membantu Komisi Pemilihan Umum dalam menyelenggarakan Pemilu.

"Pantarlih dibentuk oleh panitia pemungutan suara (PPS) dan berkedudukan di lingkungan TPS yang natinya melaksanakan tugas sesuai aturan KPU,"ujar Fahrul Efendi saat melaksanakan monitoring pendapataran Partalih di Kelurahan Kemiling Permai, Jumat (27/01/2023).

Dirinya menyakatakan sesuai ketentuan peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022, setiap TPS Pemilu 2024 nantinya akan memiliki satu orang Pantarlih yang diangkat oleh PPS atas nama KPU  dalam cakupan kabupaten dan kota.

"Nah,di Kecamatan kemiling ini rencana ada sekita 222 TPS jadi nanti jumlah Pantarlih sesuai dengan jumalah TPS  yang ada,"jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan sejak di bukanya  pendaptaran tanggal 26 Januari 2023 atusias warga sangat luar biasa mengikuti pendapataran yang di laksanakan di masing-masing sekertariat PPS seperti di sekertariat PPS Kelurahan Kemiling Permai 

"Penerimaan calon patarlih ini tidak melalaui tes tapi apa bila di TPS itu ada lebih dari dua  yang mendapatar maka akan diadakan seleksi berkas dan tes lainya oleh PPS  ,"jelasnya.

"Untuk akhir  pendaptaran pada tanggal 31 Januari 2023,yang jelas calon Pantarlih harus bisa mengoprasikan Hendphon  Android ,"pungkasnya. (ydn). 

Posting Komentar

0 Komentar