Baznas Pesawaran Membahas Program E-Zakat Dengan Bupati


Mediafakta.id l Lampung l Pesawaran--Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pesawaran audensi dengan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona membahas program E-Zakat guna menghimpun dana yang dikelola. 


"audiens BAZNAS dengan Bupati Dendi Ramadhona membahass rencana E-Zakat dan penerimaan infak melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dari masyarakat yang membayar pajak," kata Ketua BAZNAS Pesawaran Abdul Hamid, Kamis (18/03/2021) 

Abdul Hamid menjelaskan, semua aktifitas dan manejemen BAZNAS dalam menghimpun dana dan mendistribusikan serta hasil audit yang telah dilakukan secara syar'i pun pihaknya menyampaikan ke Bupati. 


"Kita menyampaikan seluruh aktifitas yang telah kita laksanakan dan alhamdulillah, Pak Bupati Dendi mengapresiasinya. Pelaksanaan Audit Syariah tahun 2019 yang lalu BAZNAS mendapat Opini Sesuai Syariah (90,50) dan satu-satunya Baznas se-Provinsi Lampung dan sekarang persiapan Audit Syari’ah tahun 2020,kami berharap tetap bertahan,"Ucapnya

Kedepan apa yang menjadi arahan Bupati tentang program E-Zakat dan penerimaan infak melalui Bapenda segera terealisasi.

"Jadi,nanti masyarakat yang membayar pajak ditawarkan juga untuk membayar infak. Nah, begitupun juga soal E-Zakat. Masyarakat dapat lebih mudah membayar zakat melalui online, untuk itu kami segera membuat perangkat pendukungnya,"tegas Abdul

Untuk diketahui, Target Pengumpulan BAZNAS di Tahun 2021 Sebesar 5,5 Milyar dengan dasar target dari realisasi Pengumpulan Di Tahun 2020 lalu.

Nantinya, rencana pendekatan dan kerja sama dengan desa-desa yang ada di Bumi Andan Jejama dengan Asumsi : 2.000.000/3bulan x 1tahun x 148 Desa =1.184.000.000;
Target Desa yang dapat bekerja sama di tahun 2021 sebanyak 50% dari desa yang ada di Kabupaten  Pesawaran dengan kalkulasi : 1.148.000.000 x 50% = 592.000.000.

"Kami akan melakukan Pendekata ke masyarakat, Perusahaan, Ritail dan sebagainya. Untuk upaya tersebut Kami merekrut seorang STAF melalui prosedure analisis   kebutuhan pegawai/staf untuk membantu Waka I/Bidang Pengumpulan dan telah menerbitkan SK UPZ MASJID sebanyak 3 Masjid, disetiap Kecamatan dengan jumlah 35 UPZ  (96 orang), rekrutmennya, bekerjasama antara BAZNAS dan Kemenag," tutur Abdul

Kedepan, BAZNAS Kabupaten Pesawaran mempunyai 5 pilar Program antara lain, Pesawaran Makmur (Pemberdayaan Ekonomi);  
Pesawaran Cerdas (Pendidikan);
Pesawaran Sehat (Kesehatan);
Pesawaran Taqwa (Dakwah Advokasi); Pesawaran Peduli ( Kemanusiaan ).

"Dari lima Program diatas, BAZNAS memiliki dua program unggulan yaitu: Kemanusiaan (Berkat); 
Pesawaran Cerdas (Bantuan Pendidikan dan Bea Siswa/Mahasiswa,"jelas Abdul

Lalu, Abdul Menambahkan, untuk Program Bedah Rumah Layak Sehat (BERKAT) di Tahun 2021 menargetkan 170 rumah dengan hitungan 1/ Desa x 148 Desa =148 + 22 Rumah Kategori Khusus / Urgent. Total 170 Rumah.

"Selain santunan Pendidikan di Tahun 2021 BAZNAS juga akan memberikan Beasiswa Mahasiswa Dengan Rincian 1 orang/ Kecamatan x 11 Kecamatan = 11 Beasiswa Mahasiswa,"pungkasnya (Desmi) 




Posting Komentar

0 Komentar