Masyarakat Desa Sukaraja Bergotong Royong Membuat Alat Bilik Antiseptik



MEDIAFAKTA.ID l LAMPUNG l PESAWARAN--
Masyarakat Dusun 8 Desa Sukaraja, Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran tepatnya di Perumahan Warkop bergotong royong untuk memerangi Covid - 19 dengan cara membuat alat antiseptik. 

Kepala Dusun 8, Yuda Maheta Dewangga mengatakan bahwa pembuatan alat antiseptik ini merupakan kesadaran dari masyarakat yang berada di Komplek Perumahan Warkop untuk memutus mata rantai Covid-19. 

"alat yang di buat ini di beri nama alat antiseptik, biaya pembuatannya sendiri dari swadaya masyarakat dengan cara iuran, ada yang memberi 30 ribu rupiah ada juga lebih yang jelas tidak di paksakan seikhlasnya, setelah di kumpulkan total keseluruhan sebanyak 700 ribu rupiah," Katanya, di Perumahan Warkop Dusun 8 Desa Sukaraja, Senin (13/04/2020) 

Menurut dia, Pembuatan alat ini sendiri tidak memakan uang yang banyak hanya ratusan ribu saja bisa membantu Pemerintah untuk memberantas virus. 

"Kalau untuk membuat alatnya saja habis 250 ribu rupiah sedangkan untuk beli detol antiseptik habis 450 ribu rupiah untuk 750 mili air. Alat yang kami gunakan antara lain, stok kontak listrik dan drum 30 liter,Tendanya ini kami pinjam di Persatuan Kematian di Mushola Almukhni. Ukuran detol antiseptik ini, satu liter satu tutup detol," Jelas Yuda

Sebenarnya, Yuda menambahkan, alat yang lebih praktis ada berhubung anggaran swadaya masyarakat ini terbatas makan apa adanya. 

"Yang lebih praktis itu ada mas, menggunakan Sensor jadi masyarakat yang melintas langsung kesemprot secara otomatis matis. Sedangkan alat yang kami buat ini masih menggunakan tombol On OF karena anggaran terbatas jadi membuat apa adanya saja,"imbuhnya

Bagi yang masuk ke Warkop, Yuda menegaskan, masyarakat wajib di semprot dengan alat yang sudah di siapkan. 

"Jadi kalau ada yang masuk ke Perumahan Warkop wajib di semprot dengan memencet tombol on of yang berada di bilik anti septik," Tegasnya

Sementara itu, Kepala Desa Sukaraja, Dimas mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah membantu Pemerintah untuk memerangi Virus Corona. 

"Saya ucapkan terimakasih sekali terhadap masyarakat Perumahan Warkop yang berada di dusun 8 atas partisipasinya membantu Pemerintah untuk mencegah wabah virus Corona,"pungkasnya

Dengan partisipasi masyarakat, mudah mudahan virus ini cepat berakhir dan masyarakat bisa beraktifitas seperti biasanya. 

"saya berharap masyarakat lain juga bisa membantu Pemerintah untuk memberantas virus corona,"tutup Dimas (Ali) 

Posting Komentar

0 Komentar