Indeks Kerawanan Pemilu Pilkada 2020, Bawaslu Pesawaran maksimalkan Strategi Pengawasan






MEDIAFAKTA.ID l JAKARTA ---Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Makruf Amin, Kementrian dan Lembaga Negara, serta Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten Se-Indonesia menghadiri acara Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia dalam rangka meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada Pilkada 2020 bertempat di Redtop Hotel & Convention Center Jakarta, Rabu 25/02/2020.

Ketua Bawaslu Republik Indonesia, Abhan menyampaikan, bahwa IKP adalah bagian dari ikhtiar Bawaslu yang merupakan upaya untuk pencegahan akan potensi pelanggaran. 

 “Ini merupakan Ikhtiar maksimal kita untuk mencegah potensi pelanggaran pada pilkada nanti,”katanya

Abhan menjelaskan, IKP adalah hasil research Bawaslu RI yang didasarkan pada lima dimensi.

"Dimensi Konteks Sosial Politik, Dimensi Pemilu yang Bebas dan Adil, Dimensi Kontestasi, dan Dimensi Partisipasi," Ucapnya

Sementara itu Ketua Bawaslu Pesawaran, Ryan Arnando yang turut hadir dalam acara peluncuran IKP tersebut menyampaikan, IKP yg diluncurkan ini memberikan informasi kepada masyarakat secara umum, terkhusus kepada jajaran pengawas pemilu di Kabupaten Pesawaran terkait potensi pelanggaran Pilkada 2020.

 “Ya, ini bentuk informasi kepada kita semua, agar kita bisa mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah maksimal sejak dini,”ujarnya

Menurut Ryan, Bumi Andan Jejama berada pada level rawan sedang (Zona Kuning), dengan skor 56,34. 

“Kabupaten Pesawaran berada pada urutan 51 dari 261 Kabupaten Kota. maka itu kita harus melihat secara positif. Kami juga akan siapkan terobosan pencegahan dan menyusun strategi pengawasan agar Pilkada pada tahun 2020 ini dapat berlangsung dengan baik,"tutupnya (Ali) 

Posting Komentar

0 Komentar