Polres Pesawaran Akan Melaksanakan Oprasi Zebra Selama Empat Belas Hari







mediafakta.id l Lampung l Pesawaran --
Pasca Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden serta menjelang Tahun baru 2020, Polres Pesawaran, Polda Lampung, melaksanakan Apel gelar pasukan oprasi Zebra Krakatau Tahun 2019.

Kapolres Pesawaran, AKBP Popon Ardianto Sunggoro saat membacakan amanat Kapolda Lampung, Irjen Pol Purwadi Arianto, bahwa apel gelar pasukan yang di laksanakan pada hari ini,  menandakan dimulainya Operasi Zebra Krakatau 2019. 

"dimana operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari dimulai pada tanggal 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019 dengan cara bertindak penegakan hukum disertai kegiatan Preventif dan Preemtif secara selektif prioritas, " katanya, di lapangan Polres Pesawaran, Rabu (23/10/2019)

adapun sasaran, Jelas dia, Operasi Zebra Krakatau 2019 menyesuaikan dengan trend karakteristikk di kewilayahaan. 

 "antara lain, Pertama, Keabsahan surat-surat kendaraan R2/R4 yang tidak sesuai dengan undangan (STNK dan TNKB), ke Dua Pengemudi yang tidak memiliki SIM, ke Tiga, Pengemudi R2/R4 yang menggunakan lampu (Rotator /Strobo) ke Empat, Kendaraan yang melanggar berat muatan, tidak sesuai peruntukannya dan layak jalan, ke Lima, Pengemudi yang surat izin mengemudi kendaraan tidak sesuai peruntukannya,  ke Enam, Pengemudi kendaraan yang masih di bawah umur dan yang terakhir Ke Tujuh, Pengemudi yang melanggar Rambu, Marka & Peraturan lalu lintas yang menimbulkan kecelakaan, " Ujar Popon. 

Popon menerangkan, dengan jumlah kecelakaan lalu lintas pada Operasi Zebra Krakatau Tahun 2018 dibanding dengan Tahun 2017 korban meninggal mengalami peningkatan. 

"termasuk secara kualitas korban meninggal dunia dan luka berat mengalami peningkatan sedangkan jumlah pelanggaran tahun 2018 banding dengan tahun 2017 mengalami peningkatan, dari hasil evaluasi diatas dapat disimpulkan bahwa dominasi pelanggaran adalah pengendara roda 2 yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi roda 4 yang tidak menggunakan Safety Belt," ucapnya

untuk mencapai tujuan dan sasaran Operasi Zebra Krakatau 2019, operasi ini dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan kepolisian dibidang lalu lintas. 

"Tindakan represif 80%, Tindakan preemtif 10%, Tindakan preventif 10%. Dimana dari ketiga kegiatan ini, saya harapkan dilakukan dengan tindakan kepolisian yang humanis mengedepankan 3S (Senyum Sapa Salam)," tegas Popon (Ali) 

Posting Komentar

0 Komentar